3 Anak di Indonesia Meninggal Karena Hepatitis, Ini 6 Cara Mencegah Hepatitis pada Anak

0
1

Indoissue.com- Sebanyak tiga orang anak Indonesia meninggal diduga akibat penyakit hepatitis misterius atau hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Berikut cara mencegah hepatitis pada anak.

Kecurigaan ini muncul sebab sejak 15 April 2022 lalu, dunia dikejutkan dengan penyebaran kasus hepatitis akut di sejumlah negara.

Melihat hal ini, orang tua tentu perlu waspada dan mencegah hepatitis menular pada anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui Instagram-nya mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan berhati-hati.

Berikut cara mencegah hepatitis pada anak dan diharapkan mampu menjauhkan anak dari infeksi hepatitis misterius.

1. Mencuci tangan

Sejak pandemi Covid-19, mencuci tangan jadi salah satu protokol kesehatan yang wajib diaplikasikan selain mengenakan masker dan menjaga jarak. Kebiasaan baik ini sebaiknya dilanjutkan demi mencegah penularan kuman atau virus penyebab hepatitis.

Tanpa disadari, tangan adalah ‘sarana transportasi’ berbagai kuman penyakit. Lewat tangan, kuman bisa berpindah ke mata, hidung, mulut.

2. Minum air bersih dan matang

Air bisa tercemar kuman penyebab penyakit termasuk hepatitis. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), umumnya virus penyebab hepatitis E ditemukan pada air yang terkontaminasi.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini