6 Penyebab Laptop Mudah Rusak, Anda Wajib Tahu!

0
49
Laptop
Laptop Mudah Rusak

Indoissue.com – Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan secara daring menuntut siswa untuk bisa menjaga smartphone agar laptop tidak mudah rusak sehingga tetap bisa digunakan untuk belajar. Apalagi jika laptop digunakan dalam waktu lama dan membuka banyak aplikasi.

Oleh karena itu, penting bagi pelajar untuk menghindari hal-hal yang dapat dengan mudah merusak laptop. Apa saja? Berikut beberapa hal yang dapat dengan mudah merusak laptop, dikutip dari situs resmi Institut Teknologi Batam (Iteba).

 

6 Penyebab Laptop Mudah Rusak

 

1. Cara memasang charger laptop
Biasanya kamu akan memasang charger ke laptop terebih dahulu atau memasang charger ke saluran listrik terlebih dahulu?

Hal ini penting untuk diketahui sebelum memiliki laptop. Ternyata untuk mencegah laptop cepat rusak, kamu harus memasangkan kabel charger ke listrik sebelum mencolokkannya ke laptop.

Hal ini dikarenakan loncatan daya pada colokan listrik tidak stabil, yang dapat menyebabkan motherboard laptop cepat rusak.

2. Mengisi daya laptop meski baterai belum habis
Hal ini sering terjadi pada saat digunakan, pemilik laptop mencharger laptop meskipun baterai tidak habis. Padahal hal itu membuat laptop mudah rusak jika sering mengisi baterai.

Sebaiknya hindari mengisi daya laptop saat persentase baterai lebih dari 30%. Namun, hindari juga mengisi daya saat baterai kosong. Dua hal ini menyebabkan kualitas baterai menurun.

3. Meletakan laptop di pangkuan
Tentunya Anda sering duduk dengan laptop di pangkuan Anda? Mulai sekarang, ini harus dihindari, karena meletakkan laptop di pangkuan Anda dapat menghalangi aliran udara di bawah laptop.

Sehingga membuat laptop untuk bekerja tapi dengan lalu lintas tertutup. Karena itu, laptop cepat panas dan menyebabkan komponen laptop menjadi terlalu panas.

4. Sering meletakan benda berat di atas laptop
Penting untuk diperhatikan bahwa setelah menggunakan laptop, pastikan tidak ada benda berat di atas laptop. Melakukannya dapat merusak layar laptop.

Biasanya layar laptop yang rusak ditunjukkan dengan munculnya garis vertikal atau horizontal. Jika ini terus berlanjut, layar laptop akan rusak secara permanen dan perlu diganti.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini