Jumat, Desember 3, 2021

AJI dan LBH Pers: Era Kedua Kepemimpinan Jokowi 3 Jurnalis Dipenjara, 90 Alami kekerasan

Must Read
IndoIssue.com adalah media online yang fokus pada berita politik nasional, daerah dan internasional, serta menyuarakan opini & aspirasi melalui suara netizen.

Indoissue.com – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers mencatat telah terjadi pemenjaraan tiga jurnalis dan 90 mengalami kekerasan, pada periode kedua pemerintahan Joko Widodo.

Ketiga jurnalis itu, yakni Muhammad Asrul dari berita.news, Diananta Mantan Pemimpin Redaksi Banjarhits, dan Mohammad Sadli Saleh dari liputanpersada.com, dijerat dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Menurut Direktur LBH Pers Ade Wahyudin, penahanan terhadap ketiga jurnalis tersebut dilakukan dengan cara yang sama, dijerat dengan pasal penghinaan, pencemaran nama baik dan menyebarkan hoaks.

Ketiganya bahkan tetap diproses di pengadilan meski Dewan Pers sudah mengeluarkan rekomendasi.

Rekomendasi Dewan Pers dengan tegas menyatakan bahwa produk yang dipersoalkan itu masuk ke dalam kategori sebagai karya jurnalistik.

“Kalau misalkan dia memang karya jurnalistik, seharusnya mekanisme sengketa pers atau penyelesaiannya melalui UU Pers. Kalau melanggar kode etik, ya sanksinya sanksi etik, bukan sanksi hukum,” tegas Ade Wahyudin, Rabu (24/11/2021).

Ade Wahyudin menilai, dengan tindakan hukum yang diberikan kepada ketiga wartawan tersebut, sangat berpotensi menjadi preseden yang tidak baik bagi kebebasan pers di Indonesia.

90 jurnalis korban kekerasan

Selain pemenjaraan terhadap tiga jurnalis dengan UU ITE, pada Mei 2021 lalu, AJI Jakarta merilis data jika di era kedua pemerintahan Jokowi, 90 jurnalis alami kekerasan selama satu tahun terakhir.

Terbaru

PSIS Semarang Resmi Datangkan Playmaker Asal Brasil Flavio Beck Junior

IndoIssue - CEO PSIS Semarang, Yoyok Sukawi mengabarkan timnya resmi mendatangkan satu nama pemain asing untuk putaran kedua kompetisi...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com