Akhirnya Dapat THR: Pekerja Lepas, Lebaran Harus Dapat THR!

0
1

Indoissue.com- Seminggu jelang Lebaran, Mayan masih bingung bagaimana mencukupi belanja keluarganya yang meningkat selama Ramadhan. Saat Lebaran makin mendekat, harga melambung tinggi, kebutuhan melonjak.

Ayah tiga anak ini sudah lebih tiga tahun bekerja sebagai driver ojek online. Namun, statusnya sebagai mitra membuatnya tidak pernah menerima tunjangan hari raya atau THR. Bahkan, selama tiga tahun ini, perusahaan tempat Mayan bergabung juga tidak pernah memberikan sekadar bingkisan.

“Jadi kumpulin uang dari sekarang, kerja lebih rajin agar dapat penghasilan lebih,” terang Mayan tentang kiatnya mengumpulkan uang Lebaran.

Lain lagi kisah yang dialami Asih. Perempuan 38 tahun ini sudah dua setengah tahun bekerja sebagai pekerja lepas. Selama ini ia dibayar per proyek yang dikerjakan. Kadang pengerjaan proyek ini didasarkan pada kontrak tertulis, tapi lebih sering diberikan secara lisan. Sehingga Asih kini tak lagi berharap bisa mendapatkan THR.

Apa yang dialami Asih ini juga terjadi pada ribuan pekerja kreatif yang berstatus sebagai pekerja lepas. Meski saat mengerjakan proyek mereka bekerja maraton dan meluangkan seluruh energi dan waktunya, mereka tetap tidak dianggap sebagai ‘bagian’ dari perusahaan pemberi kerja sehingga dinilai tidak berhak mendapatkan THR. Perlakuan sama juga dialami mereka yang telah mengerjakan satu proyek selama beberapa bulan termasuk saat Lebaran.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini