Beredar ‘Sertifikat Vaksin’ Presiden Jokowi di Media Sosial

0
113

Indoissue.com – Publik dikejutkan dengan beredarnya sertifikat vaksinasi COVID-19 yang diduga milik Presiden Jokowi.

Foto yang menampilkan sertikat dengan tulisan Ir Joko Widodo beredar berawal diunggah akun Twitter @ReynerJ, 2 September 2021. Namun akunnya hingga kini menghilang.

Pada capture gambar tertera nama Ir Joko Widodo, kemudian NIK dan tanggal lahir, nomor ID vaksinasi, tanggal vaksinasi dan jenis vaksin dan batch vaksinasinya.

Selain itu, akun @huftbosan sempat mengunggah sertifikat vaksinasi Jokowi dari pertama hingga yang ke tiga, lengkap dengan lokasi dan tanggalnya.

Seperti dilansir oleh detikINET pakar medsos Ismail Fahmi, founder Drone Emprit dan Media Kernels Indonesia mengungkap keaslian foto tersebut.

“Menurut saya ini asli, karena memang bisa. Aplikasi ini memungkinkan orang bisa minta tolong siapapun download dari aplikasi PeduliLindungi kalau tahu nama, NIK, tanggal lahir, tanggal vaksinasi dan jenis vaksinasinya,” ujar Ismail Fahmi.

Seperti diketahui, beberapa hari yang lalu publik dikejutkan dengan bocornya data 1,3 juta data Aplikasi eHAC Kemenkes Bocor. Kini beredarnya sertifikat vaksinasi Jokowi menjadi perbicangan di media sosial. Netizen khawatir atas kebocoran data tersebut. (ES)

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini