BRI Liga 1 Mulai Bergulir 27 Agustus, Berikut Fakta-fakta Seputar Kompetisi

0
82

IndoIssue – BRI Liga 1 2021/22 akan bergulir kembali pada Jumat, 27 Agustus 2021. Kepolisian Republik Indonesia akhirnya memberi izin penyelenggaraan kompetisi sepak bola di Tanah Air setelah berulang kali terpaksa ditunda karena situasi pandemi virus corona atau Covid-19.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyambut baik keputusan Polri tersebut. Ia menegaskan bahwa penyelenggaraan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 yang akan digulirkan sekitar dua pekan kemudian, penting dalam rangka pembentukan timnas Indonesia, apalagi akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 atau U20 FIFA World Cup pada 2023.

“Dalam rangka pembentukan tim nasional kita butuh kompetisi, tanpa kompetisi tidak mungkin kita akan ada tim nasional yang baik atau talenta-talenta yang akan termonitor,” ujar Menpora dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 23 Agustus 2021.

Namun, di tengah pandemi saat ini, pertandingan akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebagai penyelenggara kompetisi juga menjanjikan pertandingan berlangsung sesuai protokol kesehatan. Berikut fakta-fakta seputar kompetisi Liga 1.

Pengumuman penerbitan izin pelaksanaan BRI Liga 1 2021/22 langsung disampaikan Kepala Kepolisian RI Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Senin, 23 Agustus 2021. Ia mengatakan bahwa izin diterbitkan setelah melakukan penilaian dan evaluasi soal pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebelum Liga 1, Kementerian Pemuda dan Olahrga sempat menggulirkan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada April lalu. Turnamen itu sebagai permulaan sebelum digelar kembali kompetisi.

Uji coba pertandingan Liga 1 akan digelar lebih dulu sebelum kompetisi bergulir. Laga uji coba itu akan dilakukan di Jakarta pada 27-29 Agustus 2021. Pertandingan berlangsung tanpa penonton untuk mencegah penularan Covid-19.

Koordinator Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Pandjaitan mewanti-wanti agar suporter tidak datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan. “Mari kita dukung tim masing-masing dan menikmati jalannya pertandingan dari rumah saja,” kata Luhut.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini