Bukan Bantuan Ganjar, LSI: Kebijakan Antisipasi Banjir Rob Lebih Dibutuhkan

0
2
Banjir rob dan Ganjar

Indoissue.com – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pernah menegur Gubernur Jateng Ganjar Pranowo soal potensi banjir rob di Jawa Tengah. Teguran Megawati ini pun menjadi kenyataan.

Teguran soal banjir rob itu diungkapkan Megawati dalam pertemuan secara virtual dengan Ganjar dan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada 5 Agustus 2021 lalu.

Menanggapi hal tersebut Direktur Lembanga Survei Independen Fathurohman mengungkapkan potensi bencana itu di selesaikan oleh kebijakan buakan hanya bantuan setelah terjadi.

“Beri bantuan baik, tapi yang dibutuhkan rakyat bukan bantuan saja, melainkan kebijakan yang memiliki kemampuan secara sistemik yang bisa mengatasi potensi bencana,” ujar Fathurohman dalam keterangan tertulisnya, pada Jumat (27/2/2022).

Lebih lanjut Fathurohman mengungkapkan jika memiliki cita-cita jadi pemimpin negeri ini, kapasitas, kapabilitas dan integritas menjadi utama untuk dipercaya rakyat.

“Bencana rob yang terjadi di Jawa Tengah, menggugurkan tiga kriteria menjadi pemimpin di Indonesia yakni kapasitas, kapabilitas dan integritas,” ulas Direktur Lembaga Survei Independen tersebut.

“Banjir rob terjadi karena minimnya antisipasi melalui kebijakan oleh Ganjar Pranowo sebagai pemimpin di Jawa Tengah, sehingga banyak rakyat menjadi korban bencana itu, lalu bagaimana rakya bisa percaya Ganjar kalau memimpin skala lokal saja amburadur, bagaimana mungkin untuk memimpin skala nasional,” terang Fathurohman.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini