Buzzer Kembali Fitnah AHY dan Keluarga. Berikut Faktanya

0
294
Hoax AHY

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yughoyono (AHY) dan keluarga kembali mendapat serangan dari kelompok pendengung/buzzer di media sosial. Brita Hoax itu disebar oleh akun atas nama @nila_mrt (Nila Murti Tanjung) pada platform Twitter, (4/11/2021).

Diketahui bahwa akun tersebut membagikan foto Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama istri dan anaknya sedang berlibur di Hongkong. Hanya saja, narasi yang dibuat Nila Murti mengatakan, jika AHY bersama keluarga ikut Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berobat ke Amerika Serikat (AS).

Hal ini mendapat tanggapana dari berbagai tokoh, termasuk diantaranya Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi.

Menanggapi unggahan @nila_mrt (Nila Murti Tanjung) ini, Ismail membagikan tips menemukan sumber foto di internet. Hal itu perlu dilakukan agar warganet bisa mengetahui kapan pengambilan foto tersebut dilakukan.

“Sumber foto yang dicantumkan tutorial ngecek orisinalitas foto. Di komentar-komentar cuitan ini banyak yang tanya, apakah ini foto lama atau baru. Ini caranya, install RevEye extension di Chrome. Right click fotonya, Reverse Image, Yandex. Dari daftar sumber foto, pilih salah satu,” kata Ismail lewat akun Twitter, @ismailfahmi di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Ismail pun menemukan fakta jika foto yang diunggah Nila Murti bukan diambil sekarang.  “Ketemu, foto lama November 2018, ” ucapnya.

Berdasarkan penjelasan Ismail ini, Nila dituding telah menyebarkan hoax.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini