Cetak Sejarah, Anies Baswedan Diangkat Jadi Anggota Dewan Universitas Oxford

0
21

Indoissue.com- Dalam sejarahnya, ini pertama kali seorang berasal Indonesia diundang untuk menjadi anggota suatu dewan (board) di Universitas Oxford, Inggris. Ialah Anies Baswedan. Sebelumnya, sudah ada anggota dewan dari Asia antara lain dari India, Tiongkok, Jepang, Singapura, atau Malaysia tetapi belum ada dari Indonesia.

Anies Baswedan membagikan momen berharganya di akun media sosial instagram pribadinya, pada Jumat, (13/1). Anies Baswedan menampilkan foto-foto upacara singkat untuk meresmikan pengangkatannya sebagai anggota dewan pendiri dan dewan pengarah yang prosesinya dipimpin oleh Prof Timothy Powers.

Universitas Oxford merupakan salah satu universitas tertua di dunia yang didirikan tahun 1096. Oxford juga menjadi universitas berbahasa inggris tertua di dunia yang berkontribusi besar dalam membentuk konsep tentang kampus, pendidikan tinggi, riset dan pengembangan ilmu pengetahuan di dunia perguruan tinggi.

“Sore tadi dilakukan sebuah upacara singkat untuk meresmikan mengangkatan sebagai anggota dewan pendiri dan dewan pengarah yang prosesinya dipimpin oleh Prof Timothy Powers. Sungguh sebuah kehormatan diangkat menjadi board di sebuah kampus terkemuka dan salah satu yang tertua di dunia,” bebernya.

Menariknya lagi, acara pengangkatan Anies ini dilakukan di sebuah ruangan bersejarah, yakni ruangan yang dulunya digunakan sebagai kantor penerbit oxford sejak era tahun 1500-an.

Selain itu, eks Gubernur DKI Jakarta itu juga diberi kesempatan untuk memberikan kuliah tamu di Hoogwarts, ruangan bersejarah pada gedung Divinity School di Oxford University, yang juga bersejarah. Anies diminta memberikan kuliah tamu soal ASEAN dan masa depannya.

Di sisi lain, Anies Baswedan merasa sangat terhormat bisa masuk dan memberikan kuliah tamu di ruang bersejarah Divinity School di Universitas Oxford.

Selain itu, sebagian besar dosen dan mahasiswa Oxford pun banyak yang baru pertama kalinya masuk ke ruangan ini.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini