Dahlan Iskan Kritik Infrastruktur IKN ‘Nusantara’

0
2
proyek

Indoissue.com – Tokoh nasional yang merupakan mantan menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengkritisi pembangunan Ibu kota baru Nusantara.

Kritik terhadap IKN tersebut ditulis oleh Dahlan Iskan pada blok pribasdinya @disway.id, Senin (9/5/2022) dengan tajuk ‘IKN Mendongak.

Kritik pertama disampaikan Dahlan Iskan mengenai pasokan air bersih untuk IKN yang dinilai kurang.

Lebih lanjut Ia menerangkan pemerintah membangun Waduk Sepaku yang airnya akan dibagi dua, 1.500 liter untuk IKN dan 1.000 liter untuk Kota Balikpapan.

“Di lain pihak, ini bukan bendungan besar. Dari cadangan air bersihnya saja bisa dilihat hanya cukup untuk IKN kecil. Berarti IKN tidak boleh meledak jadi seperti Jakarta. Ada masalah pendukung seperti air,” tulis Dahlan.

Menurut dia, jika kelak pembangunan IKN semakin meluas, maka harus mengambil air dari Sungai Mahakam yang jaraknya sekitar 60 km dari IKN.

Kedua, Dahlan juga menyoroti akses jalan menuju IKN yang tidak mudah. Ia menuturkan dari Bandara Balikpapan menuju IKN membutuhkan waktu lebih dari dua jam karena akses jalan yang sempit.

“Presidennya sendiri, entah siapa nanti, memang bisa naik helikopter. Layak. Tapi para duta besar tentu keberatan, terutama dari negara sekelas Senegal,” urai Dahlan.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini