Dilanda Musim Panas Ekstrem, Belanda Umumkan Kekurangan Air Akibat Kekeringan

0
2

Indoissue.com- Pemerintah Belanda mengumumkan kekurangan air pada Hari Rabu, menyusul musim panas yang luar biasa kering tanpa perkiraan hujan selama dua minggu mendatang.

Gelombang panas ekstrem yang menerjang sebagian besar Eropa dan Amerika Serikat bulan lalu, membawa seruan untuk lebih banyak upaya untuk mengatasi pemanasan global, yang menurut para ilmuwan membuat cuaca yang sangat panas lebih sering dan mematikan.

Dengan dua pertiga penduduk Belanda yang tinggal di bawah permukaan laut, kekeringan dapat dengan cepat menjadi masalah akut di Belanda, yang menyebabkan pendangkalan sungai dan menghambat lalu lintas air.

Masalah lebih lanjut muncul dari tanggul yang mengering, dengan banyak yang membutuhkan berat air itu sendiri untuk tetap kuat.

“Kami telah menyaksikannya menjadi lebih kering di Belanda selama beberapa minggu sekarang karena penguapan di negara kami sendiri dan aliran sungai yang sangat rendah dari luar negeri,” kata Michele Blom dari badan Pekerjaan Umum dan Pengelolaan Air negara itu, yang ditunjuk untuk mengawasi tugas kekeringan, melansir Reuters 3 Agustus.

Saat ini, tongkang di hilir Rhine, rute penting untuk mengangkut batubara dari pedalaman Rotterdam ke pembuat baja dan produsen listrik Jerman – beroperasi dengan kapasitas kurang dari setengah.

Adapun Kementerian infrastruktur dan transportasi Belanda mengatakan pada Hari Selasa, air mengalir melalui Rhine dengan kecepatan 850 meter kubik per detik di Lobith, kota timur tempat ia memasuki Belanda, “sangat rendah untuk sepanjang tahun.”

Levelnya lebih baik di Maas, juga dikenal sebagai Meuse, yang mengalir dari Prancis ke Belanda. IJselmeer, sebuah danau air tawar buatan yang besar di utara negara yang diukir dari Laut Utara pada abad ke-20, cukup terisi dan dapat memasok air ke Provinsi Groningen.

Namun, tingkat air tanah tenggelam dan “sangat rendah di beberapa tempat di selatan,” kata kementerian itu, yang menyebabkan mekarnya alga dan kematian ikan. Meski demikian, dikatakan air minum tidak terpengaruh.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini