Doa Ketika Mendengar Orang Meninggal Dunia

0
2
Doa

Indoissue.com – Setiap orang yang hidup di dunia ini pasti akan menemui ajalnya. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang muslim untuk memberikan doa kepada orang yang sudah meninggal dunia.

Perintah untuk mendoakan orang yang sudah meninggal dijelaskan dalam Al Quran surat Al Hasyr ayat 10, Allah SWT berfirman:

وَالَّذِيْنَ جَاۤءُوْ مِنْۢ بَعْدِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِاِخْوَانِنَا الَّذِيْنَ سَبَقُوْنَا بِالْاِيْمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِيْ قُلُوْبِنَا غِلًّا لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا رَبَّنَآ اِنَّكَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ ࣖ – ١٠

Artinya: “Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Ansar), mereka berdoa, “Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang.” (QS. Al Hasyr: 10).

Doa ketika mendengar orang meninggal:

Diriwayatkan dari Abu Musa ra. dalam hadits At-Tirmidzi, dianjurkan untuk mengucapkan Istirja ketika mendengar seorang anak adam yang meninggal. Berikut bacaannya:

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini