DOB Buka Peluang MAP Pimpin Daerahnya Sendiri

0
1
MAP

Indoissue.com – Pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Papua membuka peluang bagi putra asli Papua memimpin daerahnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Eksekutif Human Studies Institute (HSI), Rasminto menyikapi kebijakan pemerintah yang mendorong DOB agar membuka peluang SDM asli Papua mampu memimpin di Papua.

“Kebijakan pembentukan DOB ini akan mengefektifkan tata administrasi pemerintahan, dan akan membuka peluang yang lebih besar bagi masyarakat asli Papua untuk mengabdikan diri bagi daerahnya,” ungkap Rasminto dalam diskusi virtual bertajuk “Prospekif Pembangunan Papua di Era New Normal” Selasa (10/5).

Rasminto pun menyatakan bahwa perlu adanya akselerasi pembangunan di segala sektor di Papua, agar dapat memicu pertumbuhan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Perlu kita ketahui bahwa indeks pembangunan manusia (IPM) Papua tahun 2021 adalah 60,62 atau meningkat 0,18, namun angka ini lebih rendah dibanding tahun 2019 yakni 60,84 dan terendah dari 34 Provinsi lainnya. Kondisi IPM Papua ini jadi cerminan perlu adanya akselerasi pembanguan di segala sektor”, jelas Rasminto.

Lebih lanjut Rasminto menjelaskan pemekaran daerah otonomi baru menjadi momentum akselerasi pembangunan di Papua.

“DOB di Papua merupakan momentum dalam akselerasi pembangunan tanah Papua, hal ini akan banyak memberikan kesempatan lebih besar kepada masyarakat Papua dalam memimpin, mengelola dan menjalankan program-program sesuai kearifan lokal Papua serta dapat mendorong daerah-daerah yang dimekarkan menjadi lebih maju di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatannya dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) juga semakin baik”, ungkap Rasminto alumnus doktoral pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup UNJ.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini