Elektabilitas PDIP Melorot, Terdampak Turunnya Tren Kepuasan Kinerja Jokowi

    0
    0

    Indoissue.com- Tren elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) alami penurunan pada survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada April 2022. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, turunnya elektabilitas PDIP seiring dengan turunnya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “Saya sampaikan bahwa approval Presiden Jokowi turun, pertanyaannya apakah ada dampak terhadap elektabilitas partai? Kita punya pola ketika approval Pak Jokowi turun yang paling terdampak adalah PDIP dan datanya mengatakan demikian,” kata Burhanuddin dalam paparannya secara daring, Selasa (26/4/2022).

    Burhanuddin menjelaskan, pada Februari 2022 lalu elektabilitas PDIP menyentuh angka 26,8 persen. Sedangkan pada survei April 2022 turun menjadi 23,7 persen. “Meskipun masih unggul, tetapi elektabilitasnya dibanding Februari turun,” ujarnya.

    Sementara itu, elektabilitas para kompetitornya seperti Gerindra, Golkar, PKB dan Demokrat tak banyak alami perubahan. Burhanuddin menjelaskan yang trennya kelihatan berkurang hanya PDIP.

    Namun angka tersebut bukan angka terendah yang pernah diraih PDIP. Ia mengatakan PDIP pernah di angka 21-22 persen sebelum Pemilu 2019 lalu. “Jadi dalam waktu dua tahun terakhir ini elektabilitas PDIP yang paling rendah, karena memang approval Presiden Jokowi ya memang relatif rendah di April ini karena minyak goreng,” ucapnya

    Kirim Komentar

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini