ESDM Prioritaskan Tenaga Surya Sebagai Pengganti Energi Fosil

    0
    1

    Indoissue.com- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menilai energi surya memiliki potensi paling besar dalam pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) di tanah air. Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana, mengatakan kapasitas di Indonesia lebih banyak daripada sumber EBT lain.

    Selain itu, energi surya memiliki keunggulan karena harganya yang mampu bersaing. “Harga keekonomiannya sudah mulai bersaing dan potensinya banyak. Ada di mana saja, dari Jakarta hingga Papua. Di Sumba yang paling bagus,” kata Dadan dalam Energy Corner CNBC pada Rabu (4/5).

    Guna mengembangkan energi surya menjadi alternatif pengganti energi fosil, pemerintah perlu menyiapkan sejumlah infrastruktur penyimpanan energi listrik dari tenaga surya, di antaranya dalam bentuk baterai. Alasannya, panas matahari terbatas dalam kurun waktu tiga sampai empat jam per hari, dan tidak optimal saat pagi dan sore.

    “Memang harganya masih mahal, tapi sebagai penghasil nikel dan lithium yang besar, serta ketika teknologi semakin baik, baterai ini akan diproduksi dalam negeri sehingga harganya mampu bersaing,” ujar Dadan.

    Kirim Komentar

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini