Selasa, November 30, 2021

Faisal Basri: Salah Kaprah Negara Turunkan Angka Pengangguran

Must Read
IndoIssue.com adalah media online yang fokus pada berita politik nasional, daerah dan internasional, serta menyuarakan opini & aspirasi melalui suara netizen.

Indoissue.com – Dalam sebuah acara diskusi bertajuk “CORE Media Discussion: Waspada Kerugian Negara dalam Investasi Pertambangan” yang digelar Selasa (12/10/2021) lalu, Ekonom Senior Faisal Basri menyoroti banyaknya tenaga kerja asing (TKA) asal China yang masuk ke Indonesia.

Ada persepsi keliru yang selama ini berkembang dan dibesar-besarkan adalah, Indonesia memerlukan TKA China karena membutuhkan keahlian mereka. Namun faktanya, menurutnya TKA China yang bekerja di sini tidak lah memerlukan keahlian khusus.

Faisal Basri melanjutkan, TKA China di Indonesia banyak bekerja sebagai petugas keamanan, pekerja bongkar muat, koki, pengemudi baik excavator, truk derek, forklift dan lainnya. Lalu, ada juga manajer gudang, ahli statistik, montir, operator, dan lainnya.

“Jadi, omong kosong Pak Luhut (Binsar Panjaitan) tenaga ahli gak sanggup, belum punya tenaga ahli, sebagian besar begini-begini,” kata Faisal.

Faisal lantas mengatakan bahwa orang asing ini masuk ke Indonesia untuk bekerja, bukan datang sebagai turis.

Berdasarkan data, work coefficient (koefisien kerja) dari China adalah yang paling tinggi, di mana share investasi dan share pekerja China sebesar 3,4; Singapura 0,1; Jepang 0,9; dan Korea 1,8.

Terbaru

Doa Sebelum Dan Sesudah Belajar

Indoissue.com - Berdoa sebelum belajar dan sesudah belajar, disunnahkan dalam agama Islam. Ada dua doa yang bisa dilafalkan sebelum dan...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com