Gawat! Diambang Perang Besar, 21 Jet Tempur China Bersiap Hadang Kapal Induk AS

0
14

Indoissue.com – Saat ini ketegangan antara China dan Taiwan sedang diambang kekhawatiran perang. Puluhan pesawat militer China mulai memasuki wilayah Taiwan. Pejabat Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan setidaknya 21 jet tempur China melintas di Selat Taiwan, beberapa saat setelah Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi tiba di Taiwan.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan China, Wu Qian, sebagaimana dilansir CGTN menyatakan bahwa pihaknya akan meluncurkan serangkaian operasi militer sebagai tindakan balasan. Wu berikrar China akan mempertahankan integritas teritorial dan kedaulatan nasional. Akan tetapi, ia tidak menjelaskan secara spesifik operasi militer seperti apa yang akan digelar dan apa targetnya.

China selama ini mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sesuai prinsip Satu China. Kunjungan pejabat AS sekaliber Pelosi dianggap akan mendorong Taiwan akan mendeklarasikan kemerdekaan negara itu secara de facto.

Sementara itu, Amerika Serikat telah menyiagakan 1 Kapal Induk dan empat kapal perang di perairan sebelah timur wilayah Taiwan. Itu belum termasuk kapal selam yang biasa mengawal gugus tugas Kapal Induk Amerika. Kapal induk tersebut disiagakan sebelum kunjungan Nancy Pelosi di Taiwan.

Penduduk Kota Xiamen di China tenggara yang berseberangan dengan Taiwan memposting gambar yang memperlihatkan kendaraan lapis baja yang sedang bergerak. Namun gambar yang diunggah penduduk Xiamen ini belum dikonfirmasi kebenarannya.

Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah melakukan latihan militer, termasuk latihan penembakan langsung di China Selatan, Laut Kuning dan Laut Bohan. Kementerian Pertahanan Taiwan telah menyiapkan pasukan saat ketegangan dengan China meningkat.

Taiwan juga telah mempersiapkan tempat perlindungan dari kemungkinan serangan udara China di tengah meningkatnya ketegangan dengan Beijing dan invasi Rusia ke Ukraina, termasuk akibat rencana kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini