Hadapi Konflik Papua, AHY Sarankan Pemerintah Lakukan Hal ini !

0
33
ahy papua

Indoissue.com – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan saran agar pemerintah dapat melakukan pendekatan khusus dalam rangka menangani konflik yang terjadi di Papua.

AHY menyarankan pemerintah melakukan pendekatan keamanan dan peningkatan kesejahteraan, pendidikan dan kesehatan masyarakat Papua.

“Untuk persoalan Papua, saya rasa perlu dilakukan pendekatan keamanan dan peningkatan kesejahteraan sosial, tidak harus selalu pendekatan bersenjata, dan saya turut prihatin atas gugurnya dua prajurit TNI asal Kalbar saat tugas operasi di Papua, semoga diterima di tempat yang mulia,” kata AHY dalam dialog di Pontianak, Kamis (23/9/2021), malam.

Bagi AHY, Konflik yang terjadi diujung timur Indonesia ini harus dilihat inti masalahnya, sehingga pendekatan keamanan sangat penting.

Putra Presiden ke-6 ini menyebut negara harus memberikan ketegasan bahwa tidak ada kesemptan dan ruang bagi siapapun yang ingin memisahkan diri dari NKRI.

“Sebagai seorang prajurit tugas menjaga kedaulatan negara itu di atas segalanya, bahkan rela mengorbankan jiwa dan raga, dan saya pernah merasakan kondisi seperti itu,” ujar AHY.

Dalam kesempatan yang sama, AHY menceritakan pengalamannya selama ia menjadi prajurit.

Ia menyampaikan pada saat dirinya melaksanakan tugas operasi di Aceh tahun 2005, selain melakukan pendekatan bersenjata, juga menggunakan pendekatan keamanan. Terbukti hingga operasinya sukses, dan sampai saat ini Aceh damai.

“Namun, untuk Papua memang sedikit berbeda permasalahannya sehingga perlu juga peningkatan kesejahteraan sosial, pendidikan, dan kesehatan,” tutupnya. (AV)

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini