Indosat dan 3 Merger, Publik Kembali Ingat Janji Jokowi Mau Buyback Saham

0
71

Indoissue.com – Masyarakat kembali diingatkan dengan janji kampanye Jokowi saat Pilpres 2014 lalu, yang akan membeli kembali (buyback) saham Indosat, seiring dengan rencana merger

Janji paslon Jokowi-Jusuf Kalla pada Pilpres 2014 untuk membeli kembali saham Indosat mengemuka saat kontestasi Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 lalu.

Dalam sebuah sesi debat capres-cawapres tahun 2014, Prabowo Subianto memberikan pertanyaan soal pernjualan Indosat yang pernah dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri.

“Masalahnya, waktu pemerintahan dipimpin Megawati menjual perusahaan sangat strategis, Indosat, yang saat itu punya dua posisi geostasioner di atas wilayah udara. Apabila jadi presiden, apa langkah Bapak? Apa akan beli kembali?” tanya Prabowo kepada Jokowi saat itu.

Menjawab pertanyaan itu, Jokowi menjelaskan kondisi ekonomi setelah tahun 1998, di mana kondisi ekonomi masih belum baik. Jokowi meminta agar prabowo tidak melihat kondisi ekonomi Indonesia saat itu sudah cukup baik, terkait penjualan saham Indosat.

“Tapi bicaralah saat krisis keuangan, APBN kita berat. Waktu Indosat kita jual, harusnya dilihat ada klausul apa di situ,” ujarnya.

Mengurai masalah, Jokowi mengatakan bahwa salah satu klausul yang disepakati pemerintah saat melepas saham Indosat ketika itu adalah adanya opsi Indosat kembali dibeli.

“Ke depan harus kita buyback (Indosat), ambil kembali saham jadi milik kita sendiri. Oleh karena itu, ke depan pertumbuhan ekonomi kita harus di atas 7 persen,” ungkap Jokowi yang kala itu sontak mendapat sorak sorai yang hadir.

Namun janji tinggal janji. Hingga pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla untuk membeli kembali saham Indosat tak juga terealisasi.

Kini, masyarakat kembali teringat mengenai janji tersebut, sejalan dengan pembahasan Indosat dan 3 yang memutuskan untuk merger, pada Kamis (16/9/2021).

Perusahaan gabungan itu diberi nama PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison). Pasca-merger, struktur pemegang saham pun otomatis berubah.

Mega Jual Indosat

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini