Inilah 5 Kontroversi Sukmawati Soekarnoputri

0
25
Sukmawati Soekarnoputri
Sukmawati Soekarnoputri pindah agama

IndoissueSukmawati Soekarnoputri akan menjalani ritual pindah agama dari agama Islam ke Hindu. Acara ritual itu  akan digelar di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, pada Selasa (26/10) mendatang.

Kabar pindahnya agama putri mendiang presiden Soekarno itu menjadi ramai diperbincangkan dan pemberitaan berbagai media nasional.

Berikut ini 5 kontroversi Sukmawati Soekarnoputri:

1. Sukmawati Tersangka Ijazah Palsu

Pada 13 November 2008, Sukmawati ditetapkan sebagai tersangka ijazah palsu yang digunakan sebagai syarat pencalonan Pemilu 2009 calon Anggota DPR RI dari PNI Marhaenisme daerah pemilihan Bali. Sukmawati memakai foto kopi ijazah SMA 3 Jakarta tahun lulus 1970, tetapi tidak dilegalisasi. Sekolah menolak melegalisasi karena menyatakan Sukmawati hanya bersekolah hingga kelas II dan tidak bersekolah setelah menikah.  Kemudian Sukmawati hanya ditetapkan sebagai tersangka dan tidak ditahan dalam kasus yang dihentikan ini dan mengundurkan diri dari pencalonan karena kasus ini.

2. Sukmawati Dituduh Lakukan Penistaan Agama

Pada tahun 2018, Sukmawati membacakan puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ pada acara 29 tahun Anne Avantie Berkarya, Indonesia Fashion Week (IFW) 2018 di JCC, Senayan, Jakarta, 29 Maret 2018.

Dalam puisi itu, dia membandingkan cadar dengan tusuk konde dan kidung dengan azan. Tidak sedikit pihak yang melaporkan Sukmawati ke Bareskrim Polri saat itu. Bahkan, 28 laporan dugaan penistaan agama dari berbagai pihak diterima polisi saat itu. Sukmawati pun meminta maaf.

Kemudian, polisi pun menghentikan kasus tersebut, alasannya tidak menemukan tindakan pidana dan perbuatan melawan hukum.

3. Sukmawati Laporkan Habib Rizieq Shihab ke polisi

Pada27 Oktober 2016, melaporkan Habib Rizieq Shihab ke Bareskrim Polri. Alasannya, HRS dianggap telah melecehkan Pancasila dan ayahnya, Soekarno. Saat itu Bareskrim Polri menindaklanjuti laporan Sukmawati dengan melimpahkannya ke Polda Jawa Barat. Sebab, ceramah Rizieq yang dipersoalkan Sukmawati disampaikan di wilayah Jawa Barat. Namun, Polda Jawa Barat menyatakan kasus itu tidak cukup bukti dan kemudian mengeluarkan surat pemberitahuan penghentian penyidikan (SP3).

4. Sukmawati Bandingkan Nabi Muhammad dengan Soekarno

Pada tahun 2019 beredar sebuah rekaman video didalam sebuah forum, Sukmawati tampak bertanya kepada audiens soal Pancasila dan Alquran serta pertanyaan soal Soekarno dan Nabi Muhammad SAW.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini