Jatuh Bangun dan Pasang Surut Perjalanan Dua Dekade Partai Demokrat

0
85
Penyebab Demokrat banyak Peminat

Indoissue.com – Pandemi Covid-19 memberikan rasa haru tersendiri bagi Partai Demokrat. Bagaimana tidak, berbeda dari perayaan tahun-tahun sebelumnya yang penuh gegap gempita, sorak-sorai para kader dan simpatisan yang hadir secara langsung, saat ini, Partai Demokrat harus merayakan syukuran hari ulang tahunnya yang ke-20 secara online/hybrid. Hal ini karena realitas pandemi Covid-19 yang membatasi pertemuan orang dengan jumlah yang banyak.

Meskipun demikian, para pimpinan, kader, dan simpatisan Partai Demokrat tetap merayakannya dengan penuh rasa khidmat, bahagia, semarak dan penuh suka cita. Acara tersebut dilaksanakan di Jakarta Convention Center, Kamis, 9 September 2021 yang dihadiri lebih dari 20 ribu kader dan pengurus Partai Demokrat dari berbagai penjuru nusantara secara online.

Untuk ukuran sebuah partai politik, di usianya yang ke-20 Partai Demokrat merupakan partai yang memiliki segudang pengalaman dan pencapaian yang luar biasa. Utamanya dalam berkontribusi positif bagi bangsa dan negara yang kita cintai ini, selama 10 tahun dalam pemerintahan.

Jika kita menengok sejarah ke belakang, untuk melihat lintasan sejarah Partai Demokrat yang mengesankan; penuh dengan pencapaian dan tinta emas yang luar biasa juga penuh lika-liku dan jatuh bangun.

Pada saat itu, di usianya yang baru menginjak tiga tahun, Partai Demokrat dapat dikatakan sukses. Pada Pemilihan Umum yang pertama, PD masuk ke dalam golongan lima besar dengan total 8.455.225 suara (7,45%). Demokrat ini juga berhasil mengangkat SBY ke kursi Presiden Republik Indonesia.

Selang lima tahun, di usianya yang ke 8 tahun, Pemilu 2009 menjadi tahun emas bagi Partai Demokrat. Tak hanya berhasil mempertahankan SBY di kursi RI-1, Partai Demokrat juga menjuarai pemilu dengan 21.703.137 suara (20,85%).

Tentu, 20 tahun tidak hanya diwarnai kisah sukses dan suka cita. Banyak sekali tantangan, ujian, cobaan, dan terpaan yang menghadang. Ibarat roda yang berputar. Kadang diatas, kadang dibawah. Seperti itulah kira-kira pepatah yang sering kita dengar dalam perjalanan hidup kita sehari-hari. Begitupun dengan Partai Demokrat, tentunya ada pasang-surut dan jatuh bangun dalam perjalananannya. Di akhir periode Pemerintahan Presiden SBY, Partai Demokrat didera cobaan yang amat berat.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini