Sabtu, Oktober 16, 2021

Joe Biden: Bakal Ada Serangan Lanjutan ke ISIS-K

Must Read
IndoIssue.com adalah media online yang fokus pada berita politik nasional, daerah dan internasional, serta menyuarakan opini & aspirasi melalui suara netizen.

Indoissue – Joe Biden, berjanji akan melakukan serangan balik kepada kelompok teroris ISIS-K. Seperti Dikutip dari kantor beritaa Reuters (29/8/2021), Presiden Amerika Serikat itu berjanji akan meluncurkan serangan lanjutan ke kelompok-kelompok yang memiliki afiliasi kepada ISIS di Afghanistan, sebagai respon atas bom bunuh diri di Bandara Hamid Karzai, Kabul, Kamis (26/8/2021).

Pada Jumat (28/8/2021) kemarin, Amerika meluncurkan serangan pertamanya ke ISIS-K. Menggunakan drone, mereka menembak mati dua anggota ISIS-K. Keduanya disebut sebagai perencana dan fasilitator serangan ke bandara Kabul yang menewaskan 170 orang lebih. Sebanyak 13 di antaranya adalah tentara Amerika.

“Serangan tersebut bukan yang terakhir dari kami. Kami akan terus memburu mereka yang bertanggung jawab atas serangan mengerikan di Kabul. Mereka akan menanggung akibatnya,” ujar Joe Biden, Sabtu (28/8/2021) kemarin

Tidak hanya berjanji akan meluncurkan serangan lanjutan ke ISIS-K, namun juga memperingatkan bahwa ISIS-K berpotensi menyerang bandara Kabul lagi.

Menurut laporan intelijen terbaru yang diterimanya, seperti dilansir Reuters, ISIS-K akan menyerang dalam waktu 24-36 jam ke depan. Artinya, itu akan terjadi pada hari Minggu (29/8/2021) ini atau Senin (30/8/2021) esok.

Guna merespon ancaman tersebut, Joe Biden telah meminta komandan di bandara Kabul untuk mengupayakan segala cara mencegah serangan ISIS-K terulang. Selain itu, Biden juga meminta proses evakuasi warga Afghanistan agar dikebut menjelang deadline yang ditetapkan Taliban, pada 31 Agustus 201.

“Situasi di lapangan semakin berbahaya dan ancaman serangan teroris ke bandara tetap tinggi. Saya telah meminta komandan di lapangan untuk mengambil segala langkah yang diperlukan untuk melindungi warga,” ujar Joe Biden saat menjelaskan potensi serangan ISIS-K.

Perbedaan ISIS-K dengan Taliban

ISIS-K merupakan kelompok paling ekstrim dari semua kelompok militan jihad yang ada di Afghanistan. Selain bergerak di Afghanistan, kelompok ini juga bergerak di Pakistan.

Dilansir dari laman ihram.co.id, ISIS-K berbasis di provinsi timur Nangarhar, wilayah yang dekat dengan rute penyelundupan narkoba dan manusia dari Pakistan. Ketika masa jayanya, ISIS-K memiliki sekitar 3.000 pejuang.

Saat ini, kekuatan mereka berkurang drastis akibat bentrokan dengan pasukan keamanan AS dan Afghanistan serta Taliban. ISIS-K merekrut jihadis dari Afghanistan dan Pakistan, terutama yang membelot dari Taliban.

Ruang gerak ISIS-K di Afghanistan dan Pakistan membuatnya berbeda dengan kelompok Taliban yang kepentingannya terbatas di Afghanistan. Hal ini sangat wajar mengingat ISIS-K yang merupakan afiliasi dari ISIS yang kegiatannya melakukan serangan kepada Barat, terutama Amerika Serikat.

Perbedaan lainnya antara ISIS-K dan Taliban adalah soal pandangan. Meskipun kedua kelompok sejatinya bermazhab Sunni Islam, tetapi Taliban lahir dari kalangan Pashtun berpaham Deobandi dengan misi utama merebut kembali Afganistan, sedangkan ISIS-K adalah gerakan Jihadisme Salafi yang mengimpikan negara pan-Islam.

Meski berbeda, ISIS-K dan Taliban memiliki hubungan melalui pihak ketiga yaitu jaringan Haqqani. Jaringan Haqqani adalah kelompok pemberontak gerilya Afghanistan yang menggunakan perang asimetris untuk melawan pasukan NATO pimpinan AS dan Republik Islam Afghanistan.

Sajjan M dari Asia Pacific Foundation mengurai, ISIS-K memiliki perbedaan besar dengan Taliban.

“ISIS-K menuduh Taliban meninggalkan jihad dan medan perang demi penyelesaian negosiasi perdamaian di hotel mewah di Doha, Qatar,” katanya seperti dikutip dari laman foreignpolicy.com, 26 Agustus 2021.

Terbaru

Harapan Baru yang Tenggelam, 11 Siswa MTs Harapan Baru

Indoissue.com - Jumat (15/10/2021) malam menjadi hari yang bersejarah bagi MTs Harapan Baru Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Namun...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com