Jokowi Heran RI Masih Impor Jagung dan Kedelai

0
0

Indoissue.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kekesalannya di mana sampai saat ini Indonesia masih banyak mengimpor jagung dan kedelai, padahal lahan di Indonesia sangat luas dan subur.

“Misalnya jagung masih impor, tanem jagung, kenapa? nanem jagung di manapun masih tumbuh, kenapa masih impor? Kedelai kita juga masih impor padahal banyak daerah yang sesuai untuk penanaman kedelai lakukan ini,” ujar Jokowi dalam sambutannya pada Peresmian Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional yang digelar secara daring, Kamis (28/4/2022).

Hal lainnya yang Jokowi komentari terkait dengan proses hilirisasi industri yang belum maksimal. Akibatnya, bahan mentah sering di ekspor yang seharusnya bisa diolah terlebih dahulu.

“Sekali lagi saya ingatkan jangan kita hanya menjadi pengekspor bahan mentah, pengekspor raw material, stop,” tegas Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga memberi catatan terkait investasi. Dirinya meminta agar kementerian lembaga untuk dapat bekerjasama meningkatkan investasi dan mempermudah proses perizinan.

“Kalau pelayanan perizinan kita belum cepat di pusat maupun di daerah segera sederhanakan dan percepat layani semua yang berkaitan dengan investasi. Karena kita tidak dapat lagi bergantung kepada APBN dan APBD hati-hati mengenai ini,” jelas Jokowi.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini