Jokowi Teken Aturan Pendanaan IKN, Ini Rincian Skemanya

    0
    1

    Indoissue.com- Presiden Jokowi telah meneken peraturan pemerintah yang menjadi turunan undang-undang tentang IKN Nusantara.

    Beleid tersebut yakni Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2022 tentang pendanaan dan pengelolaan anggaran dalam rangka persiapan pembangunan, pemindahan ibu kota negara serta penyelenggaraan pemerintah daerah khusus ibu kota Nusantara.

    Aturan yang memuat 190 pasal ini telah ditetapkan oleh Jokowi sejak 18 April 2022 sekaligus diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

    Aturan ini menyebutkan sumber pendanaan IKN Nusantara, mulai dari persiapan hingga penyelenggaraan pemerintah berasal dari beberapa skenario. Mulai dari APBN hingga sumber lain yang sah sesuai ketentuan perundang-undangan.

    Dua sumber ini kemudian dirinci, pasal 4 ayat 1 menerangkan sumber pendanaan dari APBN berbentuk belanja dan pembiayaan. Skema pembiayaan dalam bentuk belanja ini termasuk pendanaan yang bersumber dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Sementara skema dalam bentuk pembiayaan terdiri dari surat berharga negara (SBSN dan SUN).

    Sumber pendanaan dari APBN dan sumber lain yang sah bisa juga berasal dari pemanfaatan barang milik negara (BMN) atau aset negara hingga penggunaan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) IKN. Keikutsertaan pihak lain ini bisa berupa penugasan badan usaha, penguatan peran badan hukum milik negara, serta pembiayaan kreatif.

    Kirim Komentar

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini