Jokowi Yang Sangat Ramah Terhadap Buzzer

0
7

Indoissue.com – Isu reshuffle kabinet mengemuka beberapa hari terakhir. Isu ini sumbernya berasal dari seorang buzzer pendukung Presiden Jokowi, Dede Budhyarto. Lewat twitter, Dede membagikan kabar bahwa menteri-menteri yang bekerja di bawah harapan akan segera diganti.

 

Bagaimana Dede tahu kabar sepenting itu? Dia mengaku mendengar isu reshuffle langsung dari mulut Jokowi. Dede menjadi satu dari beberapa influencer dan buzzer yang diundang Jokowi ke Istana Bogor pekan lalu.

 

“Pengen cerita hasil pertemuan dengan Presiden @jokowi. Eh pulang dari Istana Bogor malah sakit. Intinya bakal ada resafel tunggu saja yah. Menteri yang kinerjanya ndak bagus klen bakalan dicukupkan,” tulis Dede.

 

Jokowi memang dikenal ramah dengan buzzer. Setidaknya sejak maju Pilgub DKI Jakarta 2012. Jokowi diketahui kerap mengundang relawan, influencer, atau buzzer ke Istana Kepresidenan.

 

Jokowi juga tecatat pernah mengundang relawan yang diisi para buzzer ke Istana Merdeka, usai dilantik sebagai presiden 2019-2024. Dalam pertemuan itu, bahkan dibicarakan soal kemungkinan gabungnya Gerindra ke dalam koalisi pemerintah.

 

Seminggu setelah pertemuan itu, muncul wacana yang bikin publik mengerutkan alis. Pemerintah menyediakan Rp.72 miliar untuk menggaji para influencer dan buzzer.

 

Mereka akan ditugaskan untuk membantu mengantisipasi menurunnya geliat pariwisata Indonesia akibat wabah virus corona. Insentif lainnya yaitu untuk wisatawan mancanegara dengan alokasi tambahan sebesar Rp298,5 miliar.

 

Yang terdiri dari alokasi untuk maskapai dan dan agen perjalanan diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp98,5 miliar.

 

“Ada anggaran promosi (pariwisata) Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar dan ‘influencer’ sebanyak Rp72 miliar,” ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

 

Wacana pemerintah ini dipertanyakan analis politik Pangi Syarwi Chaniago. Pangi menilai sah-sah saja jika pemerintah menyewa buzzer untuk mensosialisasikan capaian dan program pemerintah.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini