Jurnalis Filipina dan Rusia Raih Nobel Perdamaian 2021

0
46
Jurnalis Filipina dan Rusia Raih Nobel Perdamaian 2021

Indoissue.com – Penghargaan Hadiah Nobel Perdamaian 2021 diberikan kepada pendiri media Rappler di Filipina, Maria Ressa, dan pemimpin redaksi koran Rusia Novaya Gazeta, Dmitry Muratov, pada Jumat (8/10).

“Komite Nobel Norwegia telah memutuskan memberikan Hadiah Nobel Perdamaian 2021 kepada Maria Ressa dan Dmitry Muratov atas upaya mereka menegakkan kebebasan berekspresi yang merupakan prasyarat bagi demokrasi dan perdamaian abadi,” bunyi kicauan Twiter panitia Hadiah Nobel.

Menurut panitia, Maria Ressa dan Muratov merupakan perwakilan dari semua wartawan di dunia yang tanpa kenal lelah membela kebebasan pers dan demokrasi yang terus menghadapi ancaman saat ini.

Ressa dinilai menggunakan kebebasan berekpsresi untuk mengungkap penyalahgunaan kekuasaan, penggunaan kekerasan, dan otoritarianisme yang berkembang di Filipina.

Sebagai jurnalis dan CEO Rappler, Ressa telah menunjukkan dirinya sebagai pembela kebebasan berekspresi yang tak kenal takut. Rappler telah memusatkan perhatian kritis pada kampanye anti-narkoba yang kontroversial dan mematikan dari rezim Presiden Rodrigo Duterte.

“Jumlah kematian yang sangat tinggi dari kampanye itu seakan menyerupai perang yang dilancarkan terhadap penduduk negara itu sendiri. Ressa dan Rappler juga telah mendokumentasikan bagaimana media sosial digunakan untuk menyebarkan berita palsu, melecehkan lawan, dan memanipulasi wacana publik,” ucap panitia.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini