Sabtu, Oktober 16, 2021

Kapal Selam Nuklir AS Tabrak Benda di Laut China Selatan

Must Read

Indoissue.com – USS Connecticut, kapal selam bertenaga nuklir AS menabrak objek di bawah air di Laut China Selatan pada Sabtu (1/10) lalu. Informasi disampaikan oleh dua pejabat pertahanan.

Kecelakaan kapal selam yang terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China karena serangan militer Negeri Tirai Bambu ke Zona Integrasi Pertahanan Udara Taiwan (ADIZ) itu mengakibatkan sejumlah pelaut terluka.

Meskipun demikian menurut pernyataan dari Armada Pasifik AS tak satu pun dari pelaut yang terluka tersebut mengalami masalah serius.

Di tengah unjuk kekuatan tersebut, pada Sabtu lalu 39 pesawat militer China

Connecticut merupakan kapal AS yang beroperasi di perairan sekitar Laut Cina Selatan. Kapal beroperasi ketika AS dan sekutunya melakukan unjuk kekuatan multinasuk jet tempur dan pesawat angkut, memasuki ADIZ Taiwan. Langkah China itu mendorong Taiwan mengerahkan jet dan rudal pertahanan udara untuk memantau pesawat itu.

Tapi, reaksi Taiwan tak membuat China mengendurkan aksinya.

“Kami sangat prihatin dengan aktivitas militer provokatif RRT di dekat Taiwan,” kata Menteri Luar Negeri AS Tony Blinken.

“Seperti yang kami katakan, aktivitas itu membuat ketidakstabilan. Ini berisiko salah perhitungan dan berpotensi merusak perdamaian dan stabilitas regional.

Negara sekutu lain yang berpartisipasi dalam latihan perang tersebut adalah Inggris, Jepang, Kanada, dan Belanda. (TNG)

Terbaru

Lolos Ke Semifinal, Indonesia Berhasil Bikin Malu Malaysia

Indoissue.com - Indonesia berhasil mengalahkan lawanya, yaitu Malaysia di babak perempat final Thomas Cup 2021 di Ceres Arena, Jumat...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com