Kapolri Bantah TKA Menyerang TKI dalam Bentrok PT GNI Morowali

0
92

Indoissue.com- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menepis kabar yang menyebutkan tenaga kerja asing (TKA) lebih dahulu menganiaya tenaga kerja Indonesia (TKI), serta informasi penjarahan.

“Peristiwa yang terjadi awalnya ada ajakan mogok karyawan kemudian di situ menimbulkan pro dan kontra, dan kemudian ada upaya pemaksaan dan di situlah ditolak dan diviralkan diprovokasi ada pemukulan dari TKA ke TKI,” kata Listyo dalam konferensi pers di Istana Negara, Senin (16/1).

“Terkait isu provokasi yang ada, peristiwa sebetulnya tidak seperti itu,” sambungnya.

Listyo mengungkapkan pihaknya mengamankan sekitar 71 orang terkait bentrokan di area pabrik smelter PT GNI. Dari jumlah itu, dia bilang, 17 di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Saat ini kegiatan terkait dengan peristiwa itu sudah bisa diatasi oleh kepolisian, beberapa pelaku perusakan sudah diamankan kurang lebih 71, dan 17 saat ini sudah tersangka,” katanya.

Selain itu, Kapolri Jenderal Listyo mengatakan, PT GNI akan kembali beroperasi mulai Selasa (17/1) hari ini. Kembalinya operasional perusahaan smelter nikel yang berada di Morowali Utara itu dipastikan setelah kerusuhan mereda dan persoalan hubungan industrial diselesaikan.

“Berdasarkan info terakhir bahwa perusahaan smelter GNI akan memulai kegiatan operasional kembali besok pagi,” ujar Listyo dalam pernyataan pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/1).

“Oleh karena itu saya imbau kepada seluruh masyarakat dan karyawan untuk tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang belum tentu jelas,” ucap Listyo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini