Kasus Migor Bukti Konspirasi Perburuan Rente Penguasa dan Pengusaha

0
1
subsidi migor

Indoissue.com – Kejaksaan Agung (Kejagung) baru saja melakukan pengungkapan kasus migor (minyak goreng), dan menangkap sejumlah oknum di pemerintahan dan juga swasta.

Sehingga kejadian ini mendapat perhatian serius dari gurubesar Ilmu Hukum Universitas Padjadjaran, Prof. Romli Atmasasmita.

Profesor Romli berpendapat, penindakan yang dilakukan Kejagung telah membuka satu fakta tentang permufakatan jahat antara pihak-pihak yang memiliki kewenangan atau kuasa dalam menetapkan kebijakan, dengan para pengusaha.

Perilaku tersebut, dikatakan Romli, sebagai gejala konspirasi di antara pengusaha dan penguasa yang dalam istilah ekonomi politik dikenal dengan istilah perilaku perburuan rente <(rent seeking behaviour).

“Kasus migor yang ditangani Kejaksaan Agung membuktikan bahwa telah terjadi kolaborasi antara kekuasaan dan pelaku usaha dengan pola ‘trade off’ yang melahirkan oknum pemerintah dengan julukan ‘rent seeking behavior’,” ujar Romli, pada Jumat (29/4/2022).

Pola kejahatan yang digunakan dalam kasus migor tersebut, menurut Romli adalah bagian dari produk global yang dibentuk untuk memberikan dampak guncangan terhadap negara-negara berpendapatan menengah.

“Pola trade off dan rent seeking behavior/rent seeker merupakan dampak negatif era globalisasi yang telah menggerus public trust kepada pemerintah negara berkembang termasuk Indonesia,” tutupnya.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini