Kepemimpinan Efektif Ala AHY

0
22
AHY

Indoissue – Kongres Partai Demokrat ke V pada 2020 lalu menjadikan H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.S.C., M.P.A., M.A. atau yang biasa disebut AHY menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Menurut banyak kalangan AHY memang cocok untuk memimpin Partai Demokrat bukan karena beliau anak dari SBY, akan tetapi karena kapasitas dan kapabilitas yang dimilikinya. Setelah setahun kepemimpinan AHY, ada beberapa karakteristik kepemimpinan ala AHY yang membuat Partai Demokrat mengalami kenaikan elektabilitas hingga 2 digit.

AHY mampu melihat terlebih dahulu sebelum orang lain melihat

AHY seperti orang yang berdiri di atas gedung Tertinggi. Beliau mampu melihat kondisi sekeliling lebih komprehensif dibanding pengikutnya yang ada di bawah komandonya. AHY tidak hanya keadaan saat ini tapi juga tren masa depan. Inilah yang dimaksud dengan pemimpin visioner. Beliau mampu membaca pergerakan dari masa lalu dan masa kini untuk memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan. Kita dapat melihat kemampuan visioner AHY ini ketika Partai Demokrat dicoba untuk direbut oleh KSP Moeldoko. Karena memiliki jiwa pemimpin visioner, AHY langsung melakukan langkah prefentif dengan bersurat ke Presiden Jokowi, beliau menanyakan keterlibatan anak buah Presiden yang berusaha merebut Partai Demokrat.

Menjadi Role Model Bagi Kader

Cara AHY untuk membangun kredibilitas tinggi adalah dengan memberikan contoh baik dalam berperilaku. AHY paham bila menuntut banyak hal dari kader Partai Demokrat maka sebagai pemimpin AHY pun bersedia menetapkan standar tinggi untuk diri sendiri. AHY selalu konsisten dalam perkataan dan perbuatan dalam satu garis lurus untuk membangun kepercayaan dan membuat kader Partai Demokrat mengikuti contoh yang ditunjukkan. Contoh kecilnya adalah AHY selalu disiplin waktu dan mengenakan baju yang rapi disetiap kegiatan, itu membuat banyak kader Partai Demokrat terkadang sungkan untuk telat dan mengenakan pakaian yang sembarangan bila ada pertemuan.

Menunjukkan Integritas

AHY memiliki nilai-nilai baik dalam membuat keputusan, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain. Beliau bisa menetapkan garis tegas antara benar dan salah dan mendapatkan penghargaan dari orang lain atas ketulusan, prinsip, etika dan sikap konsisten yang dimilikinya. Menunjukkan integritas melalui perilaku sehari-hari membuat AHY mendapatkan kesetiaan, kepercayaan, dan penghargaan dari kader partainya. Contoh konkritnya adalah KLB Sibolangit yang dibuat oleh KSP Moeldoko tidak membuat kader Partai Demokrat berpaling kepada AHY.

Berkomunikasi Secara Efektif

AHY memiliki cara komunikasi yang efektif, ringkas, dan bijaksana. Kita ketahui bersama bahwa komunikasi melibatkan banyak hal, bukan hanya tentang mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian dan merespon dengan baik, tetapi juga berbagi informasi yang berkualitas, mengajukan pertanyaan cerdas, terbuka atas ide dan gagasan baru, menjernihkan kesalahpahaman, dan juga berkomunikasi untuk menginspirasi dan menyemangati kader Partai Demokrat. Hampir setiap harinya AHY menyapa kadernya di semua sosial medianya. Dimasa pandemi seperti inipun tidak menurunkan semangat AHY untuk terus berkomunikasi. Mengikuti perkembangan jaman yang ada, AHY sering melakukan rapat dan menyapa kader melalui media daring.

Memberdayakan SDM

Ada sebuah pribahasa barat yaitu right man in the right place yang dapat diartikan menempatkan orang yang tepat di tempat yang tepat. Pribahasa ini diaplikasikan oleh AHY di Partai Demokrat, banyak anak-anak muda yang memiliki kapasitas dan kapabilitas ditempatkan di beberapa posisi penting di jajaran kepengurusan DPP Partai Demokrat.

Memberikan Motivasi dan Inspirasi

Ditengah kesibukannya AHY mau meluangkan waktu untuk memetakan kekuatan, kebutuhan dan prioritas dari kader sehingga kader Partai Demokrat bisa bergerak maju dengan gairah, antusiasme, inspirasi dan motivasi. Cara AHY meningkatkan gairah ini adalah dengan membuat program Comanders Call kepada seluruh kader Partai Demokrat. Pada Comanders Call tersebut AHY memerintahkan ke seluruh kader di seluruh indonesia agar melakukan Gerakan Nasional Partai Demokrat melawan corona. Gerakan ini bertujuan untuk memotovasi mesin partai agar terus bergerak membantu rakyat ditengah pandemi covid 19 yang melanda negeri.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini