Kerap Disandingkan Sebagai Pasangan Ideal dalam Pilpres 2024, Berikut Potret Kedekatan Anies Baswedan dan AHY

0
4
Anies Baswedan

Indoissue.com – Kedekatan antara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kerap memantik perhatian publik. Tidak jarang kedua politisi nasional ini membagikan potret kedekatan antar keduanya di media sosial.

Pada tahun 2017 lalu, AHY dan Anies sama-sama pernah mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta.

AHY berpasangan dengan Walikota Jakarta Pusat periode 2008-2010, Sylviana Murni dengan nomor urut 1, sementara Anies maju bersama Sandiaga Uno dengan nomor urut 3.

Hasil akhir Pemilihan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 memenangkan Anies -Sandi dengan perolehan suara 57% pada putaran kedua.

Pada acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan di Istana Negara, AHY secara langsung memberikan ucapan selamat dan mendoakan kesuksesan Anies Baswedan membawa Jakarta ke arah yang lebih baik.

Pasca Pilkada 2017, AHY menunjukkan hubungan dengan Anies Baswedan masih tetap terjalin dengan baik. Pada 12 Mei 2021, Ketua Umum Partai Demokrat itu mengunjungi Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta untuk berdiskusi terkait sejumlah permasalahan di Ibu Kota dan menyampaikan kesiapan Partai Demokrat untuk bersinergi dan berkolaborasi menghadapi krisis pandemi dan pemulihan ekonomi rakyat kala itu.

Pada kesempatan yang sama, Anies Baswedan juga mengapresiasi kegigihan AHY dalam mempertahankan kedaulatan Partainya dan menyelamatkan Demokrasi Indonesia dari pihak-pihak yang memiliki niat merusak nilai-nilai yang sudah terbangun selama ini.

Selang tiga bulan pertemuan Anies dan AHY di Balai Kota, pada 10 Agustus 2021, Gubernur DKI Jakarta itu memberikan ucapan ulang tahun ke-43 untuk AHY. Dalam video ucapannya, ia mendoakan agar AHY selalu dalam keadaan sehat dan sukses mengemban Amanah sebagai Ketua Umum Partai Demokrat periode 2020-2025.

Di tengah isu Pemilu 2024 yang kian mendekat, banyak lembaga survei yang kemudian memasangkan Anies dan AHY sebagai salah satu alternatif pasangan yang bisa meramaikan gelaran Pilpres 2024. Kebersamaan keduanya pun kian menjadi sorotan publik.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini