Khofifah: Ada 114 Kasus Terduga Hepatitis Akut di Jatim

0
1

Indoissue.com-  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada Kamis (5/5/2022) mengungkapkan bahwa sudah ada 114 kasus terduga hepatitis akut di wilayahnya per 4 Mei 2022.

Ratusan kasus tersebut terdeteksi oleh Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) Jawa Timur. Kasus-kasus itu tersebar di beberapa kabupaten dan kota.

Berdasarkan data yang dicatat Pemprov Jatim, penyakit ini tidak menyerang kelompok umur spesifik meski cenderung mengalami kenaikan jumlah pada minggu ke-14 hingga ke-17.

“Maka semua orang, baik anak kecil maupun dewasa, harus punya kewaspadaan terhadap bahaya penyakit ini. Kita juga wajib gerak cepat melihat gejalanya. Karena semakin cepat ditangani, peluang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan semakin besar,” kata Khofifah seperti dilansir dari Antara.

Mantan Menteri Sosial itu menyebut, gejala klinis dari hepatitis akut ini antara lain nyeri perut bagian bawah, diare, muntah-muntah, serta peningkatan enzim hati.

Hingga saat ini tidak ditemukan gejala demam dalam sebagian besar kasus, namun tetap ia mengingatkan agar tidak lengah jika ada warga masyarakat yang mengalami demam.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini