Sabtu, Oktober 16, 2021

Komunikasi Politik Demokrat Cair, Peta Koalisi 2024 Masih Terbuka

Must Read
IndoIssue.com adalah media online yang fokus pada berita politik nasional, daerah dan internasional, serta menyuarakan opini & aspirasi melalui suara netizen.

Indoissue.com – Genap dua tahun sudah Partai Demokrat dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Di bawah kepemimpinan AHY, kini Partai Demokrat terus melakukan berbagai perubahan, lompatan-lompatan besar, regenerasi dan bertransformasi kearah yang lebih positif.

Sebagai Partai yang berada di luar pemerintahan, sikap politik, kebijakan, keberpihakan dan program-program Partai Demokrat kini semakin berkorelasi dengan rakyat. Sikap kritis Partai Demokrat untuk membela kepentingan rakyat semakin diapresiasi. Program-program pro-rakyat dalam rangka membantu pemerintah dalam menangani covid-19 pun kian serius digalakkan.

Ada hal yang menarik dalam perayaan HUT ke-20 Partai Demokrat kemarin. Berbagai kalangan tak segan mengucapkan selamat atas hari jadi ke-20 untuk partai berlambang bintang mercy tersebut. Tak tanggung-tanggung, walaupun Partai Demokrat berada di luar Pemerintahan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga ikut mengucapkan ucapan selamat. Tak terkecuali, pimpinan partai politik yang berada di koalisi Pemerintahan dan Menteri Kabinet Presiden Jokowi. Selain itu, organisasi keagamaan seperti NU dan MUI pun ikut memberikan ucapan.

Dari sini kita dapat melihat, strategi komunikasi yang dibangun AHY dan Partai Demokrat sangat baik. Menciptakan suasana dan hubungan yang baik dan cair dengan semua elemen bangsa. Meskipun kita tahu, mereka semua memiliki perbedaan sikap, kepentingan dan pandangan politik. Utamanya saat ini Partai Demokrat berada di luar Pemerintahan

Komunikasi politik yang dibangun AHY mencerminkan bagaimana nilai-nilai demokrasi yang baik seharusnya dijalankan. AHY kerap memperlihatkan kesantunan, etika politik, dan sikap hormatnya kepada tokoh-tokoh bangsa lintas partai, lintas usia, dan lintas agama. Sosok yang santun di depan publik dapat menghadirkan suasana politik yang kondusif.

Di tengah dinamika politik elektoral yang mengedepankan pada proses pencitraan, maka polesan komunikasi politik bagi para politisi menjadi sesuatu yang sangat penting. Di sini lah kepiawaian berkomunikasi politisi dilihat. Tidak hanya sebagai jembatan komunikasi bagi masyarakat tapi juga bagaimana dapat menjalin hubungan baik dengan antar lembaga pemerintahan dan partai politik lainnya.

Menurut Jalaluddin Rakhmat dalam bukunya, Psikologi Komunikasi, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan. Nampaknya, AHY berhasil menjalankan komunikasi politik santun dengan baik.

Komunikasi politik seperti ini yang dapat menjadikan wajah politik Indonesia menjadi adem. AHY membuktikan bahwa komunikasi politik Partai Demokrat sangat cair dan tidak kaku. Ditambah dengan citra AHY yang masih muda, energik dan adaptif memberikan kesan bahwa AHY mampu memberikan citra politik Partai Demokrat yang segar.

Beberapa waktu yang lalu, saat PAN resmi bergabung dengan koalisi, muncul sebuah isu ke ranah publik. Partai Demokrat dan PKS diisukan tidak akan diajak untuk membuat sebuah koalisi pertarungan pada pilpres 2024. Namun disamping Pilpres 2024 masih jauh, peta koalisi sejauh ini masih sangat cair. Ke depan, kita tidak tahu peristiwa-peristiwa politik apa saja yang akan muncul di waktu yang akan datang.

Selain itu, dilihat dari pola komunikasi yang dibangun oleh AHY dan Partai Demokrat saat ini, nampaknya AHY dan Partai Demokrat masih memiliki peluang yang besar untuk menjajaki komunikasi politik dengan partai-partai lain.

Komunikasi efektif dipandang sebagai suatu hal yang penting, karena ragam dinamika kehidupan termasuk politik, yang terjadi biasanya menghadirkan situasi kritis yang perlu penanganan secara tepat. Jika pola komunikasi AHY dan Partai Demokrat masih dapat terjaga seperti saat ini. Kemungkinan peluang untuk peta koalisi kedepan akan sangat lebar.

Mari kita lihat bagaimana taktik komunikasi politik AHY kedepan. (*)

Terbaru

Lolos Ke Semifinal, Indonesia Berhasil Bikin Malu Malaysia

Indoissue.com - Indonesia berhasil mengalahkan lawanya, yaitu Malaysia di babak perempat final Thomas Cup 2021 di Ceres Arena, Jumat...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com