Komunikasi Politik Demokrat Cair, Peta Koalisi 2024 Masih Terbuka

0
157

Indoissue.com – Genap dua tahun sudah Partai Demokrat dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Di bawah kepemimpinan AHY, kini Partai Demokrat terus melakukan berbagai perubahan, lompatan-lompatan besar, regenerasi dan bertransformasi kearah yang lebih positif.

Sebagai Partai yang berada di luar pemerintahan, sikap politik, kebijakan, keberpihakan dan program-program Partai Demokrat kini semakin berkorelasi dengan rakyat. Sikap kritis Partai Demokrat untuk membela kepentingan rakyat semakin diapresiasi. Program-program pro-rakyat dalam rangka membantu pemerintah dalam menangani covid-19 pun kian serius digalakkan.

Ada hal yang menarik dalam perayaan HUT ke-20 Partai Demokrat kemarin. Berbagai kalangan tak segan mengucapkan selamat atas hari jadi ke-20 untuk partai berlambang bintang mercy tersebut. Tak tanggung-tanggung, walaupun Partai Demokrat berada di luar Pemerintahan, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga ikut mengucapkan ucapan selamat. Tak terkecuali, pimpinan partai politik yang berada di koalisi Pemerintahan dan Menteri Kabinet Presiden Jokowi. Selain itu, organisasi keagamaan seperti NU dan MUI pun ikut memberikan ucapan.

Dari sini kita dapat melihat, strategi komunikasi yang dibangun AHY dan Partai Demokrat sangat baik. Menciptakan suasana dan hubungan yang baik dan cair dengan semua elemen bangsa. Meskipun kita tahu, mereka semua memiliki perbedaan sikap, kepentingan dan pandangan politik. Utamanya saat ini Partai Demokrat berada di luar Pemerintahan

Komunikasi politik yang dibangun AHY mencerminkan bagaimana nilai-nilai demokrasi yang baik seharusnya dijalankan. AHY kerap memperlihatkan kesantunan, etika politik, dan sikap hormatnya kepada tokoh-tokoh bangsa lintas partai, lintas usia, dan lintas agama. Sosok yang santun di depan publik dapat menghadirkan suasana politik yang kondusif.

Di tengah dinamika politik elektoral yang mengedepankan pada proses pencitraan, maka polesan komunikasi politik bagi para politisi menjadi sesuatu yang sangat penting. Di sini lah kepiawaian berkomunikasi politisi dilihat. Tidak hanya sebagai jembatan komunikasi bagi masyarakat tapi juga bagaimana dapat menjalin hubungan baik dengan antar lembaga pemerintahan dan partai politik lainnya.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini