Sabtu, Oktober 16, 2021

Korut dan Korsel Resmi Buka Jalur Telepon Khusus

Must Read

Indoissue.com – Korut dan Korsel resmi membuka kembali jalur telepon untuk komunikasi lintas perbatasan mereka pada Senin (4/10), setelah terputus sejak Agustus lalu.

Kementerian Unifikasi Korsel melaporkan bahwa petugas dari kedua negara sudah berkomunikasi melalui telepon pertama pada Senin pagi.

Pernyataan itu berlanjut, “Pemerintah berharap dapat kembali melanjutkan dialog dan memulai diskusi praktis untuk memulihkan hubungan antar-Korea.”

Kabar pemulihan jaringan telepon ini datang ta lama setelah pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, “mengutarakan niatnya untuk memulihkan jalur komunikasi Korut-Korsel yang terputus.”

Media propaganda Korut, KCNA, melaporkan bahwa menurut Kim, upaya ini merupakan salah satu cara untuk mewujudkan “perdamaian abadi” di Semenanjung Korea.

Jaringan komunikasi ini sendiri sebenarnya sudah berulang kali terputus dalam beberapa tahun belakangan. Setelah putus, jaringan komunikasi itu sempat disambung kembali pada akhir Juli lalu.

Namun kemudian, jaringan itu kembali terputus dua pekan kemudian, ketika Korut tak lagi menjawab telepon yang masuk.

Kim Jong-un berencana membuka jalur komunikasi khusus yang dapat menyambungkan langsung dengan Presiden Korsel Moon Jae-in itu pada Oktober mendatang.

Sementara itu, Kementerian Unifikasi Korsel menyambut baik niat Kim Jong-un memulihkan hotline antara kedua negara.

Belakangan Korut juga berulangkali menegaskan masih bersedia merundingkan perdamaian Perang Korea yang berakhir pada 1953 hanya dengan kesepakatan gencatan senjata.

Namun, Pyongyang memberikan sejumlah syarat bagi AS dan Korsel sebelum bersedia memulai perundingan damai tersebut.

Terbaru

Kereta Cepat JKT-BDG Pakai APBN, Said Didu: Lima Kali Lebih Bahaya dari Korupsi

Indoissue.com - Proyek Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung tengah menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya pembangunannya bakal memakai Anggaran...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com