Lengkap, Pidato Kebangsaan AHY: DAYA TAHAN DAN DAYA SAING BANGSA MENUJU INDONESIA EMAS 2045

0
213
Agus Harimurti Yudhoyono Ketua Umum Partai Demokrat dalam pidato kebangsaan 50th CSIS

Oleh

H. Agus Harimurti Yudhoyono, M.Sc, MPA, MA

Ketu Umum Partai Demokrat

Bismilahirohmanirahim

Assalamualaikum wa-rahmatullahi wabarokatuh; 

Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua;

Syalom;  Om swastiastu;

Namo budaya; Salam kebajikan;

Yang saya hormati dan muliakan,

  • Para Pendiri dan Senior CSIS: Bapak Harry Tjan Silalahi, Bapak Jusuf Wanandi, Bapak Djisman Simanjuntak, Ibu Clara Joewono, Bapak J. Kristiadi, Bapak Rizal Sukma, .
  • Direktur Eksekutif CSIS, Dr. Philips J. Vermonte,
  • Bapak Arya Fernandes,
  • Para Peneliti, para Sahabat, dan keluarga besar CSIS, yang berbahagia
  • Serta seluruh masyarakat Indonesia yang saya cintai dan banggakan, 

Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, atas kesehatan dan kekuatan yang diberikan kepada kita untuk terus berkontribusi bagi Indonesia. Masih dalam semangat memperingati hari kemerdekaan bangsa, saya atas nama keluarga besar Partai Demokrat mengucapkan Dirgahayu ke-76 Republik Indonesia. Semoga bangsa besar ini senantiasa dalam lindungan Sang Maha Pencipta; semakin maju negerinya, semakin sejahtera rakyatnya. 

Saya berbahagia, dan mengucapkan terima kasih kepada Centre for Strategic and International Studies, CSIS Indonesia, yang telah mengundang saya, Agus Harimurti Yudhoyono, dalam kapasitas sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Saya berharap, kehadiran saya dalam forum terhormat ini, selain dapat mewakili seluruh kader dan konstituen Demokrat di manapun berada, juga dapat mewakili suara generasi muda bangsa, yang memiliki mimpi dan energi yang besar, untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Sebuah visi dan kerja besar lintas generasi; dibangun oleh para founding fathers kita, yang kemudian diturunkan, dan dilanjutkan oleh generasi-generasi berikutnya. Pidato Kebangsaan ini saya beri judul “Daya Tahan dan Daya Saing Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Ada 5 bagian besar: pertama, saya akan memotret Situasi Indonesia Hari ini. Kedua, saya akan berbicara tentang Daya Tahan Bangsa dalam menghadapi krisis. Ketiga, tentang mimpi besar kita semua, Indonesia Emas 2045. Keempat, tentang Daya Saing Bangsa sebagai imperatif untuk mewujudkannya. Dan kelima, saya tutup dengan Harapan Generasi Muda.

Sebelum saya lanjutkan, izinkan saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-50 kepada CSIS yang jatuh pada tanggal 1 September mendatang. Pada ulang tahun “Emas” ini, saya mendoakan semoga CSIS semakin sukses sebagai sebuah institusi yang independen, kredibel, dan berkelas dunia, “a world-class think tank”. Semoga CSIS dapat terus hadir dalam berbagai pemikiran strategis dan kajian intelektualnya, baik terkait ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan Indonesia; hingga isu-isu kritis tentang geopolitik di kawasan, serta globalisasi dan dinamika hubungan internasional.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini