Sabtu, Oktober 16, 2021

Lima Tokoh Oposisi Paling Berpengaruh Versi Indoissue

Must Read
IndoIssue.com adalah media online yang fokus pada berita politik nasional, daerah dan internasional, serta menyuarakan opini & aspirasi melalui suara netizen.

Indoissue.com – Kontrol terhadap pemerintah harus selalu dilakukan dalam sebuah pemerintahan agar ada harmonisasi dari tokoh oposisi yang saling mengingatkan dikala pemerintah berlaku absolut atau otoriter.

Meski telah memimpin Indonesia selama tujuh tahun dan dalam dua periode ada sejumlah nama yang terangkum sebagai tokoh oposisi (tidak menduduki posisi di pemerintahan) yang paling berpengaruh pada pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dirangkum oleh tim Indoissue.com ada 5 tokoh oposisi yang paling berpengaruh di Indonesia pada masa pemerintahan Presiden Jokowi.

Berikut 5 nama teratas tokoh oposisi yang paling berpengaruh.

1. Habib Muhammad Rizieq Shihab

Habib Muhammad Rizieq Shihab
Habib Muhammad Rizieq Shihab

Pentolan Front Pembela Islam (FPI) merupakan salah satu tokoh agama yang kerap bersebrangan dengan pemerintah. Pada pilkada 2017 lalu HRS sapaan akrabnya mampu mengumpulkan jutaan umat rakyat Indonesia di monas dalam menolak Gubernur Ahok yang pada saat itu yang dinilai telah melakukan penistaan agama, dengan menyebut surat Al-maidah.

2. Rocky Gerung

Rocky Gerung
Rocky Gerung

Mantan Akademisi Universitas Indonesia ini kerap muncul dengan berbagai wacana baru dalam memberi kritik terhadap Presiden Jokowi, kelihaiannya membangun frasa dengan kosa kata baru yang belum lazim ditelinga masyarakat Inndonesia, membuat pemirsa penonton Indonesia Lawyers Club (ILC) selalu menunggu kehadiranya sehingga muncul istilah “No Rocky No Parti.”

3. Din Syamsuddin

Din Syamsuddin
Din Syamsuddin

Mantan Ketua Muhamddiyah dinilai memiki kompetensi pemahaman kenegaraan yang baik, sehingga seringkali menjadi tempat bertukar pikiran dengan banyak tokoh terkait kemaslahatan umat, setahun terakhir bersama beberapa kawan-kawan dari berbagai latar ilmu, Din syamsuddin mendirikan Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI).

4. Gatot Nurmantyo

Gatot Nurmantyo
Gatot Nurmantyo

Meski Pernah menjabat sebagai Panglima TNI pada periode pertama pemerintahan Joko Widodo, namun tokoh mileter ini dinilai dekat dengan berbagai ulama akademisi dan ormas-ormas yang selalu tampil mengkritik Presiden Jokowi.

5. Amien Rais

Amien Rais
Amien Rais

Salah satu tokoh reformasi pada dekade 1998, dan merupakan salah satu pendiri Partai Amanat Nasional (PAN). Sebagai salah satu tokoh reformasi, kritik Amien Rais terhadap pemerintah Jokowi membuatnya sering berserang pendapat dengan pemerintahan.

Itulah 5 tokoh opisisi paling berpengaruh pada rezim pemerintahan Presiden Jokowi, menurutmu siapa lagi tokoh oposisi yang layak ditambahkan dalam daftar 5 tokoh oposisi versi indoissue.com. (PR)

Terbaru

Lolos Ke Semifinal, Indonesia Berhasil Bikin Malu Malaysia

Indoissue.com - Indonesia berhasil mengalahkan lawanya, yaitu Malaysia di babak perempat final Thomas Cup 2021 di Ceres Arena, Jumat...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com