Luar Biasa !!! Harta Sandiaga Uno Meroket Jadi Rp10,6 T pada 2021

0
0
sandiaga
Indoissue.com – Posisi dan jabatan seorang pejabat publik tentu berkontribusi terhadap harta kekayaannya. Begitu juga dengan harta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang meroket hingga Rp10,6 triliun pada 2021.
Diambil dari situs Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Komisi Pemberantasan Korupsi (LHKPN KPK) 2021 pada Selasa (19/3), Sandiaga Uno melaporkan jumlah harta kekayaan per 2021 pada 8 Maret 2022 lalu.
Berdasarkan laporan itu, tercatat Sandiaga memiliki 17 bidang tanah dan bangunan tersebar di Jakarta hingga Amerika Serikat (AS), dengan total nilai Rp253,46 miliar.
Sandiaga juga memiliki alat transportasi dan mesin yang terdiri dari tiga mobil mewah, total nilainya mencapai Rp775 juta. Selain itu, Sandiaga juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp3,2 miliar.
Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2021, Sandiaga tercatat memiliki harta Rp10,6 triliun. Ia juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp9,7 triliun.
Tidak sampai di situ, Sandiaga juga tercatat memiliki kas dan setara kas Rp787 miliar dan harta lainnya senilai Rp85,9 miliar.
Namun jika dibandingkan dengan 2020, harga Sandiaga bisa dibilang melesat dua kali lipat. Saat itu, ia memiliki harta mencapai Rp5 triliun. Laporan itu diserahkan Sandi ke KPK saat ia menjadi Calon Wakil Presiden RI Tahun 2019.
Untuk mempertegas siapa sosok Sandiuno, berikut kami lampirkan profilnya yang bersumber dari situs Wikipediia:
Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA. (lahir 28 Juni 1969) adalah seorang wirausahawan asal Indonesia. Ia mulai berkiprah di dunia politik sebagai kader Partai Gerakan Indonesia Raya, partai politik bentukan Prabowo Subianto.
Pada 2016, Sandiaga dicalonkan oleh partainya sebagai calon Wakil Gubernur mendampingi Anies Baswedan. Alhasil, mereka berhasil menduduki kursi kepala daerah sebagai gubernur dan wakil gubernur yang dilantik pada Oktober 2017.
Program yang terkenal pada saat itu adalah OK Oce. Kemudian, Sandiaga mundur dari jabatannya untuk mencalonkan diri sebagai calon Wakil Presiden pada Pemilu Presiden 2019.
Sayangnya, ia bersama Prabowo Subianto gagal meraih kemenangan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih.
Setelah itu, Badan Pemenangan Nasional mengajukan gugatan hasil rekapitulasi suara kepada Mahkamah Konstitusi.
Namun, hasil sengketa yang diterima tidak membuahkan hasil. Mahkamah Konstitusi menolak gugatan yang diajukan oleh pihak pasangan calon Prabowo dan Sandiaga, sehingga kemenangan berpihak kepada pasangan calon Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, sesuai dengan keputusan yang diberikan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum.
Pasca pencalonannya sebagai wakil presiden pada 2019, Sandiaga meneruskan kariernya sebagai pengusaha dan aktif berkontribusi dalam program Rumah Siap Kerja.
Selain itu, ia yang sebelumnya tidak berpartai pada 10 Agustus 2018 bergabung kembali ke pangkuan Partai Gerindra pada tanggal 15 Oktober 2019.
Hingga pada akhirnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Sandiaga untuk menduduki jabatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio di Kabinet Indonesia Maju dan dilantik bersama dengan lima menteri dan wakil menteri lainnya pada tanggal 23 Desember 2020.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini