Sabtu, Oktober 16, 2021

Manny Pacquiao Resmi Mendaftar Jadi Capres Filipina

Must Read

Indoissue.com -Senator sekaligus mantan petinju Manny Pacquiao resmi mendaftar sebagai calon presiden di komisi pemilihan umum Filipina pada Jumat (1/10) di Manila untuk Pemilu Filipina 2022.

Pacquiao juga mengumumkan calon wakil presiden untuk mendampinginya dan mengajukan sertifikat pencalonan (COC).

Pacquiao memilih Atienza karena pengalamannya selama puluhan tahun di pelayanan publik saat menjadi Walikota Manila dan bertugas di Kongres.

“Saya maju (mencalonkan diri) tak hanya untuk diri dan keluarga saya, tapi untuk warga Filipina, sehingga para pemuda dapat diberikan masa depan yang lebih baik,” kata Manny Pacquiao dalam bahasa lokal Filipina

Sebelum bertugas di majelis tinggi, Pacquiao juga memegang kursi di DPR sebagai anggota kongres provinsi Sarangani.

Pengajuan COC untuk posisi nasional dan elektif akan dimulai dari 1 hingga 8 Oktober. Namun, penggantian kandidat diizinkan hingga 15 November.

Manny Pacquiao tumbuh di selatan Filipina dari keluarga miskin. Kehidupannya yang sulit mendorong dia melakukan melakukan pekerjaan sampingan untuk bertahan hidup. Ia merantau ke Manila saat remaja untuk merintis karir di dunia tinju.

Pacquiao termasuk di antara sekutu paling setia Presiden Filipina Rodrigo Duterte. Ia mendukung perang berdarah yang digaungkan Duterte untuk memerangi narkoba termasuk menerapkan kembali hukuman mati.

Namun hubungan politik mereka memburuk setelah Pacquiao mengkritik hubungan persahabatan Duterte dengan China dan korupsi di pemerintahan. Pada Juli, ia digulingkan sebagai presiden partai politik yang berkuasa di negara itu. (TNG)

Terbaru

Kereta Cepat JKT-BDG Pakai APBN, Said Didu: Lima Kali Lebih Bahaya dari Korupsi

Indoissue.com - Proyek Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung tengah menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya pembangunannya bakal memakai Anggaran...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com