Membantah Nasib Pelabuhan Patimban Bakal Mirip Bandara Kertajati

0
2

Indoissue.com- Nasib Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat yang memiliki investasi Rp37 triliun dikhawatirkan bakal sama dengan Bandara Kertajati yang realisasi kinerjanya tidak sesuai dengan ekspektasi pada awal pembangunan.

Pemerintah tidak tinggal diam dan menanggapi kekhawatiran tersebut. Terlebih, progres pembangunan masih berjalan sesuai dengan rencana serta aktivitas ekspor telah dilakukan.

Ketua KSOP Kelas II Pelabuhan Patimban Heri Purwanto menjelaskan terkait dengan pengangkutan kendaraan yang sudah beroperasi secara rutin dalam aktivitas domestik (Belawan dan Batam). Tak hanya itu, dia menyebut ekspor untuk negara-negara Asean juga telah dilakukan dari Pelabuhan Patimban.

Saat ini, paparnya, jumlah kunjungan kapal dalam negeri dan yang melayani ekspor per bulannya adalah sekitar 12-15 kapal. Sementara untuk terminal kontainer, sesuai dengan target operasi akan terealisasikan pada 2024.

“Upaya pemerintah memastikan pengoperasian terminal kontainer sesuai dengan jadwal oleh operator terminal yaitu PT PPI, dan menggandeng pihak swasta lainnya untuk membangun dan mengembangkan back up area seluas 350 Ha untuk kegiatan penunjang area terminal Pelabuhan Patimban,” jelasnya, Jumat (1/4/2022).

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini