Mengenal Thamrin, Pembela Kaum Buruh di Masa Penjajahan Kolonial Belanda

    0
    2

    Indoissue.com- Mungkin masih banyak pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia yang hari ini belum kita kenal, padahal perjuangan untuk meraih kemerdekaan tidaklah mudah. Seperti diketahui bahwa penjajahan kolonial Belanda menindas pada seluruh aspek di tanah air Indonesia, baik pendidikan terlebih soal perekonomian.

    Melalui kondisi tersebut, menyebabkan masyarakat Indonesia hanya sedikit yang bisa menempuh pendidikan dan pekerjaan yang layak, mungkin pemilik nama Mohammad Husni (M.H) Thamrin termasuk salah satu orang yang beruntung karena terlahir dari keluarga yang berada.

    Seperti buku yang ditulis Johan Prasetya, “Pahlawan-Pahlawan Bangsa yang Terlupakan”, Mohammad Husni Thamrin lahir pada 16 Februari 1894. Dirinya terlahir dari pasangan Tabri Thamrin salah satu pejabat di pemerintahan Belanda, sedangkan ibunya Nurchomah termasuk orang Betawi. Sementara, ia juga memiliki kakek seorang Inggris pemilik hotel di bilangan Petojo. Kakeknya itu bernama Ort, yang juga menikahi perempuan Betawi bernama Noeraini.

    Meski terlahir dari keluarga berkecukupan, Thamrin tidaklah egois dan perhatiannya pun besar kepada rakyat dan buruh pribumi untuk diperjuangkan di tengah penindasan yang ia derita. Kepeduliannya kepada rakyat pribumi tidak hanya ditunjukkan saat berorganisasi, tetapi dibuktikan saat menjabat menjadi pejabat legislatif di Gemeenteraad (seperti DPRD DKI) dan Volksraad (seperti DPR RI).

    Kirim Komentar

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini