MPR Sebut Pemerintah Tidak Jalankan Perannya dengan Baik

0
7
MPR Sebut Pemerintah Tidak Jalankan Perannya dengan Baik

Indoissue,com – Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan menilai pemerintah tidak mampu menjalankan perannya dengan baik. Hal itu dikarenakan di negeri yang kaya sumber daya alam, rakyatnya kelaparan dan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok mendasar.

“Ini sangatlah miris, padahal jika pemerintah punya kebijakan yang terarah dan prorakyat, seharusnya semua persoalan yang sekarang terjadi dapatlah diatasi,” kata dia belum lama ini. Menurutnya, bisa jadi justru persoalannya terletak pada gagalnya pemerintah memenuhi kebutuhan rakyat.

“Fungsi negara adalah memastikan kebutuhan pokok rakyatnya terjamin. Jika ada gejolak harga dan kelangkaan barang, maka pemerintah harus melakukan intervensi sampai semua persoalan teratasi, bukan justru menyerahkannya pada mekanisme pasar. Inilah esensi negara kesejahteraan sebagaimana amanat Pasal 33 UUD 1945,” tuturnya.

Jadi, lanjut dia, jika pemerintah lepas tangan, gagal fokus, dan tidak peduli dengan pemenuhan kebutuhan pokok warganya, sama saja artinya pemerintah tidak menjalankan amanat konstitusi dengan baik dan konsekuen. “Ingatlah bahwa rakyatlah yang berdaulat atas segala rupa sumber daya di republik ini, dan tugas pemerintah memastikan semua kebutuhan rakyat tercukupi,” kata Menteri Koperasi dan UKM di era Presiden SBY ini.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini