Muslim Arbi: SBY Lunasi Utang, Jokowi Bikin Bangkrut

0
423
Muslim Arbi

Indoissue.com – Direktur Gerakan Perubahan, Muslim Arbi membandingkan antara Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Joko Widodo.

Menurut Muslim kedua Presiden tersebut memiliki kesamaan “prestasi” dalam hal utang negara.

Muslim Arbi mengatakan SBY pada yahun 2006 melunasi utang negara ke IMF dan selama memimpin SBY melunasi utang empat tahun lebih awal dari jadwalnya.

“Soal utang di era Jokowi, utang mencekik keuangan negara, sudah mendekati 3 kali APBN, utang terakhir Rp 6.625 triliun,” ujar Muslim Arbi pada, Minggu (24/10/2021)

“Utang Luar Negeri sudah lampu merah, belum lagi utang siluman dengan China Rp 246 triliun. Kata Menkeu, tahun depan akan bayar bunga utang Rp 504 Triliun. Mau cari utang untuk bayar bungan utang. Gawat kan?” lanjut Muslim.

Utang-utang Indonesia semakin menggunung akibat Ambisius Jokowi dalam membangun infrastruktur yang nyatanya banyak terbengkalai.

Muslim mencontoh Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat yang menelan biaya hampir Rp 3 triliun. Faktanya sekarang seperti rumah hantu karena mati suri.

Muslim Arbi juag menyoroti keputusan pemerintah yang menjual beberapa ruas jalan tol yang pembiayaanya mahal tapi justru dijual murah.

“Proyek KCJB (kereta cepet Jakarta Bandung), belum beroperasi sudah rugi Rp 27 triliun,” papar Muslim.

“Dari pembengkakan dari biaya Rp 86 triliun menjadi Rp 113 T. Dan berbagai proyek infrastruktur lainnya, MRT, Skytrain ke Soetta. Semua merugi,” lanjutnya.

“Apakah tidak bikin bangkrut? Jadi, tidak salah ada pengamat yang bilang, Jokowi bikin bangkrut negara,” ulas Direktur Gerakan Perubahan itu.

Belum lagi janji-janji politik saat kampanye 2014-2019 dan sekarang semua janji-janji itu, janji kosong belaka,” sambungnya.

Terkait proyek KCJB dari pembiayaan swasta pada 2016 dan menjadi beban APBN pada 2021 ini kata Muslim dianggap sebagai skandal politik dan ekonomi.

“Tidak kah cara Hasto itu telanjangi Jokowi sebagai petugas partai PDIP?” pungkas Muslim.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini