Nebula Bulu Rubah Yang Indah di Konstelasi Monoceros

0
44
nebula bulu
Indoissue.com – Nebula Bulu Rubah yang terbentuk dari gugusan gas dan debu ini berada tidak jauh dari lengan kanan Orion dan termasuk dalam Wilayah NGC 2264. Dalam indeks nebula H II yang dikenal sebagai Katalog Sharpless, nebula ini diberi label Nebula Nomor 273.
Jika ditilik dari penamaan, Nebula Bulu Rubah atau The Fox Fur Nebula berasal dari bahasa Latin yang artinya “kabut”; jamak: nebulae atau nebulæ, dengan ligatur, yang punya makna sebagai awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma.
Awalnya nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang membentang, dan posisinya termasuk galaksi yang berada di luar Bima Sakti.
Radiasi ultraviolet dari bintang-bintang besar baru yang terbentuk di nebula merangsang gas hidrogen untuk memancarkan warna-warna cerah.
Keindahannya makin memesona, karena posisinya berada pada galaksi yang dilingkupi debu kosmik gelap, redup dan dingin dengan motif riak melalui awan hidrogen, yang memberi tekstur sedemikian rupa sehingga menampilkan bentuk rupa yang indah.

Bungkus bulu yang modis

Keindahannya itulah yang mengilhami para astronom  di awal abad ke-20 untuk menamai nebula dengan bungkus bulu yang modis layaknya bulu rubah, sebagai Nebula Bulu Rubah.
Selain Nebula Bulu Rubah, Konstelasi Monoceros adalah rumah bagi benda langit lain yang mengesankan, Gugus Pohon Natal yang diberi nama meriah.
Monoceros adalah suatu rasi bintang redup di langit musim dingin, dikelilingi oleh Orion di sebelah barat, Gemini di sebelah utara, Canis Major di sebelah selatan dan Hydra di sebelah timur.
Rasi bintang pembatas lainnya mencakup Canis Minor, Lepus dan Puppis.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini