Sabtu, Oktober 16, 2021

Negara dengan Utang Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Sepuluh Besar

Must Read

Indoissue.comBank Dunia mengumumkan data utang terbaru dalam International Debt Statistics (IDS) 2022 yang dipublikasikan hari ini, Senin, 11 Oktober 2021. Hasilnya, Indonesia masih masuk negara dengan utang jumbo.

Presiden Bank Dunia David Malpass menyatakan, perlunya terobosan menyeluruh untuk mengelola utang demi membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Khususnya guna mengurangi risiko serta mencapai tingkat utang yang berkelanjutan.

Pada 2020, Bank Dunia juga mencatat net inflows dari kreditur multilater terhadap negara berpendapatan rendah dan menengah naik hingga US$117 miliar. Angka tersebut menjadi yang tertinggi selama satu dekade tetakhir.

Net debt inflow terhadap utang publik eksternal naik 25 persen menjadi US$71 miliar, juga menjadi yang tertinggi selama satu dekade terakhir.

Kreditur multilateral termasuk International Monetery Fund (IMF), menyediakan US$42 miliar net inflows. Sedangkan kreditur bilateral menyumbang tambahan US$10 miliar.

Untuk memfasilitasi transparansi. International Debt Statistics 2022 diperluas untuk memberikan data utang luar negeri yang lebih mendetail dari sebelumnya

Dalam laporan terbaru, Indonesia masuk dalam jajaran peminjam atau Top 10 negara-negara berpendapatan rendah dan menengah. Memiliki utang terbesar pada periode 2019-2020, selain China.

Indonesia masuk ke dalam jajaran bersama dengan India, Brazil, Rusia, Mexico, Turki, Argentina, Thailand dan Afrika Selatan. Dalam laporan ini, total stok utang eksternal RI tercatat sebanyak US$417,53 miliar pada 2020 naik dari 2019 sebesar US$402,10 miliar. (AL)

Terbaru

Lolos Ke Semifinal, Indonesia Berhasil Bikin Malu Malaysia

Indoissue.com - Indonesia berhasil mengalahkan lawanya, yaitu Malaysia di babak perempat final Thomas Cup 2021 di Ceres Arena, Jumat...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com