Sabtu, Oktober 16, 2021

Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, Bongkar Skenario Pilpres 2024

Must Read
IndoIssue.com adalah media online yang fokus pada berita politik nasional, daerah dan internasional, serta menyuarakan opini & aspirasi melalui suara netizen.

Indoissue – Refly Harun blak-blakan buka suara terkait wacana pemilihan presiden yang kembali dilakukan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

Hal tersebut diungkapkan pengamat sosial dan politik itu dalam video yang tayang di Channel YouTube Refly Harun.

“Kalau presiden dipilh lagi oleh MPR zaman hari ini. Aduh, susah kita ya. Maka oligarki politik akan mudah menyetir siapa yang akan didudukkan sebagai preisden dan wakil presiden,” jelas Pakar Hukum Tata Negara ini dikutip indoissue.com, Selasa (24/8/2021).

Meski begitu, menurut Refly Harun, faktanya pemilihan langsung juga bisa demikian.

“Karena sekali lagi kita berpikir pemilihan langsung, tapi ternyata pemilihan langsung yang nggak karu-karuan,” ungkapnya.

Pasalnya, akademisi itu menyebut ada pemilihan secara langsung.

Menurut Refly Harun, adanya presidential threshold bisa memborong semua partai politik.

“Bahkan kalau dipakai logika Qodari dengan Jokpro-nya itu semua partai akan diborong dengan satu kekuatan dan meninggalkan kotak kosong saja,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Refly Harun mengatakan, hakikat pemilihan presiden langsung agar rakyat bisa memilih presidennya sendiri secara langsung dari calon-calon yang bervarisi tidak terjadi.

“Jadi, pemilihan presiden langsungnya itu ada penyelewengan, penyimpangan,” tutur Refly Harun. (WK)

Terbaru

Kereta Cepat JKT-BDG Pakai APBN, Said Didu: Lima Kali Lebih Bahaya dari Korupsi

Indoissue.com - Proyek Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung tengah menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya pembangunannya bakal memakai Anggaran...
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com