PDIP Dinilai Bakal Takluk Oleh Realitas Survei

0
63
megawati
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Indoissue.com – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati menyebut realitas survei bukan pilihan utama untuk menentukan siapa calon Presiden dari Partai berlambang banteng tersebut.

Hal tersebut merupakan penegasan hasil Kongres PDIP di Bali pada Agustus 2019 lalu, bahwa ketua umum PDIP Megawati pemegang hak prerogratif dalam memilih siapa calon yang akan diusung nantinya.

Pernyataan tersebut berimplikasi terhadap nama yang sudah disiapkan Megawati yakni anaknya sendiri, Puan Maharani.

Baca juga: Deklarasi Sahabat Ganjar Didominasi Oleh Relawan Jokowi, Apakah Istana Restui? 

Namun, pada kenyataanya elektabilitas Puan masih saja di bawah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung oleh banyak relawan Jokowi.

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago pernyataan Megawati itu merupakan lagu lama yang diulang kembali oleh Megawati.

“Di awal awal selalu lagu PDIP begitu, enggak peduli hasil survei, survei tidak menjadi variabel menentukan dalam mengusung capres. Elektabilitas dianggap tidak penting dan tidak menjadi rujukan dalam pencalonan,” kata Pangi, Selasa (21/9/2021).

Pangi menilai kemungkinan siapa yang akan diusung PDIP nantinya masih sangat dinamis, bahkan Ganjar masih memiliki peluang untuk mendapakatkan restu dari PDIP sebagai Calon Presiden.

Jika dilihat dari catatan sejarah Pangi mengungkapkan bahwa partai berlambang banteng tersebut akan takluk oleh realitas survei dalam memilih calon Presiden yang diusung Megawati nantinya, hal tersebut demi tetap menjadi partai pemenang pemilu di 2024 nanti.

“Namun ternyata realitasnya tetap, PDIP ditaklukkan realitas survei. Mengusung capres yang kira-kira punya kans untuk menang. Bagaimana mungkin PDIP mengusung capres yang bakal kalah?” pungkas Pangi Syarwi Chaniago.

Direktur Eksekutif Median

Berbeda dengan Pangi, Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menilai jika Ganjar masih bertahan di PDIP, maka niatannya untuk berlaga di Pilpres 2024 akan sia-sia sekalipun elektabilitasnya bagus. Karena tiket capres adalah mutlak hak Megawati sebagai Ketua Umum dan ibu kandung Puan Maharani.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini