PDIP Menang Faktor Jokowi, Puan Belum Spektakuler!

0
3
Ganjar-Puan

Indoissue.com – Pemilihan umum (Pemilu) 2019 telah menyisakan berbagai data dan fakta, termasuk faktor Jokowi dalam kemenangan PDI Perjuangan.

Hal demikian diungkapkan oleh Direktur Riset Indonesian Presidential Studies (IPS), Arman Salam.

Menurutnya, PDIP pada Pemilu legislatif (Pileg) terbantu oleh keberadaan sosok Joko Widodo yang saat ini menjabat Presiden dua periode.

Untuk itu, untuk menyongsong pemilu 2024 dibutuhkan militansi kader pada partai politik, selain itu juga dibutuhkan sosok kandidat yang figurnya mengakar di masyarakat.

“Sehingga menjadi penting adanya figur yang cemerlang dimata publik sebagai katrol suara partai,” ujar Arman, pada Mingu malam (07/11/2021).

Puan Maharani yang dinilai Arman melakukan sosialisasi masif masih jauh kalah dari faktor jokowi 2019 lalu.

Dalam analisa Arman Salam , susahnya mendongkrak elektabilitas Puan karena memang kinerjanya belum menunjukkan rekam jejak spektakuler.

“Faktornya dari analisa ada beberapa faktor, pertama dari sisi kinerja Puan belum menunjukan record yang cemerlang dan spektakuler,”

Selain itu, faktor yang membuat elektabilitasnya belum moncer adalah bayang-bayang ibunya Megawati Soekarnoputri.

“Publik melihat Puan masih berada dalam ketiak Megawati, yang membuat Puan lambat bergerak mengkapitalisasi diri dan tidak lincah dalam bermanuver, ujar Arman.

Bahkan, Direktur IPS tersebut menilai jika PDIP nekat usung Puan, maka PDIP bisa ditinggal pemilihnya.

“Jika PDIP memaksakan figur yang kurang populer dalam mengusung capres kelak, maka siap-siap PDIP akan ditinggalkan pemilihnya,” papar Arman.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini