Peluang Terpilihnya AHY 2024 Bisa Meningkat, Seiring Prabowo-Sandi Masuk Kabinet Jokowi

0
351

Indoissue.com – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bisa berdampak positif dengan mendatangkan calon presiden dan wakil presiden pada 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahudin Uno.

Alhasil, peluang terpilihnya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono pada Pemilu 2024 mendatang diprediksi semakin besar.

“Secara politik, masuknya Sandiaga Uno setelah Prabowo Subianto menguntungkan lawan-lawannya, termasuk AHY, yang bisa menciptakan efek elektoral baru,” kata Executive Director Opinion Politik Indonesia Dedi Kurnia Syah, Masuknya Prabowo dan Sandi dalam kabinet Jokowi-Maruf setidaknya memiliki dua interpretasi politik.

Sandiaga terjebak dengan popularitasnya sendiri, peluang karir politiknya lebih sempit daripada ketika dia berada di luar pemerintahan.

Sama seperti Prabowo yang sedikit demi sedikit kehilangan hak pilihnya, Gerindra di Pilkada 2020 pun harus mengalami kekalahan yang cukup berarti.

“Sandiaga tidak mengetahui bagaimana gelombang protes loyalis terhadap Prabowo mendapat undangan untuk bergabung dengan pemerintah, sehingga sangat mungkin pola ini direplikasi ke Sandiaga, berpotensi meninggalkan pendukung,” jelasnya.

Apalagi, masuknya dua lawan Jokowi dalam Pilpres 2019 ke dalam kabinet merupakan pertanda bahwa Presiden Jokowi telah meraih kemenangan habis-habisan, sekaligus meruntuhkan kepercayaan Prabowo-Sandiaga di tahun depan 2024.

“Dengan kondisi ini, AHY berpeluang meraih simpati publik karena konsistensinya di luar pemerintahan. Yang jelas Prabowo atau Sandi semakin sulit membangun kepercayaan Pemerintah, apalagi kalau mereka tidak menonjol di kabinet,” Ujar pengamat politik dari University Telkom. [WK]

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini