Penanganan Covid-19 PON ke-XX Papua, KM Tidar Dijadikan Tempat Isolasi

0
78

Indoissue.com – Penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) ke-XX Papua terus bergulir. Persiapan-demi persiapan terus dimatangkan. Untuk mengantisipasi atlet dan penyelenggara yang terpapar Covid-19 pun terus diantisiapasi panitia penyelenggara.

Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan KM Tidar yang difungsikan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 secara terpusat, yang juga bertugas mendukung terselenggaranya PON ke XX Papua.

Wiku Adisasmito, Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19 memaparkan, saat ini Kapal Motor (KM) Tidar sudah bersandar di Pelabuhan Jayapura. Fy=ungsinya adalah tempat isolasi terpusat terapung, serta fasilitas vaksinasi untuk lokasi setempat.

Wiku menjelaskan, antisipasi itu dilakukan, mengingat perhelatan PON akan meningkatkan aktivitas sosial masyarakat di lokasi perhelatan.

Pernah Kandas

Dari penelusuran Indoissue.com, KM Tidar pernah kandas di perairan Pulau Buru atau sekitar 500 meter atau setengah mil laut di depan Pelabuhan Namlea, Maluku, saat hendak berlayar menuju Pelabuhan Ambon pada Senin (27/7/2021).

Kapal milik PT Pelni ini tidak bisa melanjutkan perjalanan ke Ambon, sehingga 587 penumpangnya terpaksa dievakuasi.

“Lokasi kapal kandas ini memang agak dangkal sehingga dibutuhkan kehati-hatian ketika setiap kapal melintasi areal tersebut,” ujar Komandan Pos sandar Namlea Polairud Polda Maluku, Bripka Benhard Pinge, kala itu.

Untuk menarik kapal berukuran besar itu, PT Pelni mengerahkan tugboat bermesin 2.200 tenaga kuda ke lokasi kandasnya kapal.

Setelah tugboat tiba, operasi penarikan KM Tidar akan dilakukan saat kondisi air laut pasang yang diperkirakan terjadi pada pukul 05.00 WIT.

“Kita tunggu air pasang baru tarik itu sekitar jam lima subuh,” urai Kepala Operasional PT Pelni Cabang Ambon, Muhamad Assagaff.

Assagaff beralasan, hal itu terjadi karena kondisi angin kencang hingga menyerat kapal keluar dari rute dan berujung kandas.

Spesifikasi KM Tidar:

Tanggal Delivery : 23 SEPTEMBER 1988
Klasifikasi : BKI+A100 O Passenger Vessel + SMO
Type : 2000 pax
Panjang Kapal : 144.00 m
Lebar Kapal : 23.40 m
Berat Kotor : 14.501 Ton
Berat Bersih : 5.354 Ton
Kecepatan Maksimal : 20.00 Knot
Kapasitas : 1.904 pax. (DP)

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini