Pengakuan Buzzer: Trik Mereka Hancurkan Nama AHY dan Demokrat!

0
364
AHY
Pengakuan Buzzer dibalik kudeta Partai Demokrat

IndoissuePengakuan Buzzer dalam upaya kudeta Partai Demokrat dijadikan studi kasus pada riset antar negara tentang cyber troop.

Artikel  berbahasa Ingris berjudul “A ‘digital coup’ inside Partai Demokrat” yang ditulis oleh seorang dosen Universitas Diponegoro (Undip) yang juga Direktur Riset Media dan Politik LP3ES, Dr. Wijayanto, yang dipublikasikan dalam jurnal bergengsi di kawasan Asia Tenggara, Inside Indonesia, mengungkap adanya pengakuan buzzer yang melakukan kampanye digital secara terencana untuk mendegradasi Partai Demokrat dan kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Melalui analisis media sosial serta wawancara kami dengan buzzer, kami mendokumentasikan kampanye online ekstensif yang bertujuan untuk meningkatkan popularitas Moeldoko dan mencoreng citra Agus Yudhoyono” jelas Wijayanto dalam laporannya (12/10/2021).

Lanjutnya dosen Undip itu menjelaskan dengan rinci bagaimana buzzer bekerja untuk mendukung KSP Moeldoko dalam mendongkel kepempimpinan AHY.

“Beberapa postingan mengolok-olok Partai Demokrat, sementara postingan lainnya – seringkali dari orang yang sama – memuji Moeldoko dan kemampuannya untuk ‘menyelamatkan’ partai. Semua pos tersebut mendukung penyelenggaraan kongres luar biasa dadakan untuk menggelar referendum kepemimpinan AHY.” ungkapnya.

“Hebatnya, banyak dari pos-pos itu tampak sangat terkoordinasi, karena banyak pesan berkisar pada tema seberapa cocok Moeldoko untuk posisi ketua partai. Menggunakan perangkat lunak Drone Emprit, kami menghitung 157 ribu posting Twitter yang menyebut Kongres Luar Biasa Partai Demokrat atau ‘KLB’ antara 28 Februari dan 6 Maret. Banyak dari posting ini berisi tagar yang mendukung tawaran Moeldoko, seperti #MoeldokoSaveDemokrat (dalam bahasa Inggris), #MoeldokoSelamatkanDemokrat (‘Moeldoko Menyelamatkan Demokrat’), #MoeldokoKetumSahPD (‘Moeldoko adalah ketua sah Partai Demokrat’) dan (juga dalam bahasa Inggris) # MoeldokoPemimpin.” jelasnya.

Lanjutnya dosen Undip itu mengungkap pengakuan buzzer dalam mencoreng citra ketua umum Partai Demokrat AHY.

Kirim Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini